Deretan Selebriti Dunia Yang Jadi Pemilik Klub Sepak Bola Profesional


  •    Robert
  •    20/11/20 - 18:00
  •    14.062

Ilustrasi selebritas yang jadi pemilik klub sepak bola (Bolalob)
Ilustrasi selebritas yang jadi pemilik klub sepak bola (Bolalob)

Tak hanya pengusaha atau pejabat publik yang terjun ke dunia sepak bola dengan menjadi pemilik klub. Kali ini banyak selebritas atau atlet dunia yang juga berbisnis ke industri sepak bola.

Yang terbaru adalah pemeran film Deadpool Ryan Reynolds yang selangkah lagi akan mengakuisisi klub kasta kelima sepakbola Inggris, Wrexham AFC.

Reynolds, bersama aktor lainnya yakni McElhenney, sudah mengajukan proposal ke Wrexham Supporters Trust (WST) awal bulan ini. Kedua artis itu juga siap mengucurkan dana 2 juta paun atau sekitar Rp 37 miliar setelah proses akuisisi rampung.

Baca Juga :


Wrexham sendiri merupakan klub tertua ketiga di dunia. Sejak 2008, mereka tergusur ke kasta kelima sepakbola Inggris, sehingga belum lagi bisa tampil di ajang Piala Liga.

Wrexham sendiri berasal dari Wales. Meski begitu, mereka diizinkan berlaga di kompetisi Inggris.

Sebelum Reynolds banyak selebritas lain yang sudah lebih dulu menjadi sebuah pemilik klub profesional. Berikut daftarnya:

David Beckham (Inter Miami)



Pada 5 Februari 2014, MLS mengumumkan bahwa Beckham telah menggunakan opsinya untuk membeli tim ekspansi MLS seharga $ 25 juta, yang telah dia terima sebagai bagian dari kontrak yang dia tandatangani dengan LA Galaxy pada tahun 2007.

Grup investor yang dipimpin oleh Beckham, memiliki nama Inter Miami dan mulai bermain di MLS pada 2020.

Matthew McConaughey (Austin FC)



Austin FC dimiliki oleh Two Oak Ventures, sebelumnya dikenal sebagai Precourt Sports Ventures, yang dipimpin oleh CEO Anthony Precourt. Mitra investasi lainnya di Two Oak Ventures termasuk aktor Matthew McConaughey, pengusaha lokal Eduardo Margain, eksekutif Dell Marius Haas, dan pengusaha energi Bryan Sheffield.

Class of 92 (Salford City FC)



Pada Februari 2014, terungkap bahwa Gary Neville dan Ryan Giggs, bersama dengan mantan pemain Manchester United lainnya Nicky Butt, Phil Neville, dan Paul Scholes, yang secara kolektif dikenal sebagai Class of 92, juga dalam pembicaraan dengan klub mengenai investasi besar. Gary Neville dan Giggs dikatakan prihatin dengan kurangnya bakat yang dihasilkan di divisi terbawah liga Inggris, dan memilih Salford karena kedekatan klub dengan The Cliff, bekas tempat latihan yang digunakan oleh Manchester United kedua pemain itu masihmuda.

Pada 27 Maret 2014, diumumkan bahwa, Class of 92 tunduk pada persetujuan Asosiasi Sepak Bola dan NPL dan selang beberapa tahun mereka mengajak David Beckham dan pengusaha Singapura, yang juga pemilik Valencia, Vincent Tan untuk ikut berinvestasi di Salford. halaman 2 dari 4
Lebron James (Liverpool)



Superstar Los Angeles Lakers telah memenangkan tiga gelar NBA, empat penghargaan MVP dan telah masuk All-Star 16 kali memiliki saham minoritas di juara Liga Premier musim lalu Liverpool. Ia membeli saham 2% klub Merseyside pada tahun 2011 seharga $ 6,5 juta, dan investasi itu terbayar! Pada 2018, Business Insider melaporkan bahwa investasi James $ 6,5 juta itu kini bernilai $ 32 juta. Sejak saat itu, Liverpool sukses memenangkan Liga Champions dan dinobatkan sebagai juara Liga Premier untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Kevin Durant (Philadelphia Union)



Superstar NBA Kevin Durant mengumumkan pada bulan Juni 2020 bahwa dia telah membeli saham kepemilikan di Philadelphia Union di Major League Soccer. Pemain Brooklyn Nets dan mantan MVP NBA itu membeli 5% saham awal di klub dengan opsi untuk membeli tambahan 5% di masa depan.

James Harden (Houston Dynamo)



Harden membeli 5% saham di Houston Dynamo pada Juli tahun lalu. Dynamo, yang juga memiliki investor dalam diri mantan petinju juara dunia Oscar de la Hoya di antara pemiliknya.

Will Ferrell (LA FC)



Pada tahun 2016, tiga investor lokal — Brandon Beck, Larry Berg dan Bennett Rosenthal — mengambil alih sebagai pemilik klub dengan Berg menjabat sebagai pemilik pengelola utama. Ketua dan CEO Mandalay Entertainment Group dan pengusaha Peter Guber adalah ketua eksekutif, mantan eksekutif National Basketball Association Tom Penn adalah presiden, dan pemodal ventura Henry Nguyen adalah wakil ketua. Kelompok kepemilikan juga termasuk pengusaha Ruben Gnanalingam. Pemilik dan investor bagian lainnya termasuk Will Ferrell, Nomar Garciaparra, Mia Hamm-Garciaparra, Chad Hurley, Magic Johnson, Joseph Tsai, Tucker Kain, Kirk Lacob, Mitch Lasky, Mark Leschly, Mike Mahan, Irwin Raij, Tony Robbins, Lon Rosen, Paul Schaeffer, Brandon Schneider, Allen Shapiro, Mark Shapiro, Jason Sugarman, Harry Tsao dan Rick Welts. halaman 3 dari 4
Elton John (Watford)



Selalu hadir di Vicarage Road, ikon pop Inggris ini telah memiliki Watford pada dua kesempatan terpisah, pertama dari 1976 hingga 1987 dan kemudian dari 1997 hingga 2002. Masih menjadi presiden kehormatan klub, John secara teratur menghadiri pertandingan kandang Watford dan bahkan memiliki sebuah stand yang dinamai menurut namanya pada tahun 2014.

Zlatan Ibrahimovic (Hammarby)



Pada 27 November 2019, diumumkan bahwa Ibrahimović telah membeli 23,5 persen saham Hammarby IF, klub papan atas Swedia dari Stockholm. Penjualnya adalah Anschutz Entertainment Group, juga pemilik mantan klubnya LA Galaxy, yang mengurangi setengah kepemilikannya di Hammarby.

Ronaldo (Real Valladolid)



Pada 3 September 2018, diumumkan bahwa mantan pemain sepak bola internasional Brasil Ronaldo telah menjadi pemegang saham mayoritas setelah membeli 51% saham pengendali di klub. Pada musim pertamanya dengan pemilik baru Valladolid finis di posisi ke-16 di La Liga. Pada April 2020, Ronaldo akhirnya memiliki 82% saham klub.

Steve Nash (Real Mallorca)



Pada 5 Januari 2016, diumumkan bahwa Nash adalah bagian dari grup yang membeli saham di klub Segunda División Spanyol RCD Mallorca senilai $ 21 juta. Grup tersebut juga termasuk pemilik Phoenix Suns Robert Sarver, wakil ketua Suns Andy Kohlberg dan mantan pemain Tim Sepak Bola Nasional AS Stuart Holden & Kyle Martino.

Gerard Pique (FC Andorra)



Pada Desember 2018, melalui perusahaannya Kosmos Holding, Piqué membeli klub Spanyol, FC Andorra. Klub saat ini berkompetisi di Segunda División B, tingkat ketiga dalam piramida sepak bola Spanyol. Pada Juli 2019, Piqué mengambil alih saham mayoritas di klub sepak bola Spanyol lainnya - Gimnàstic Manresa. Pengambilalihan juga diselesaikan menggunakan perusahaannya Kosmos Holding. halaman 4 dari 4
Terakhir diubah:  21/11/20 - 07:50






Video Trending



Berita Terkait


1606195801694

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?