5 Latihan Dasar Agar Kemampuan Sepakbolamu Berkembang


  •    Rissalah Maulana
  •    20/11/20 - 17:10
  •    1.686

Ilustrasi orang menendang bola (foto: Foresight Sports)
Ilustrasi orang menendang bola (foto: Foresight Sports)

Sepakbola adalah olahraga yang sederhana, namun memainkannya secara sederhana membutuhkan latihan dan kerja keras yang tak mudah. Untuk memperkuat sentuhan dalam bermain bola, biasanya ada teknik-teknik dasar yang harus dilatih.

Teknik dasar ini menjadi kunci agar kemampuan bermain sepakbola berkembang. Selain itu agar taktik dan dasar permainan berjalan sesuai rencana, maka teknik dasar menjadi mutlak untuk dilatih dan dimatangkan.

Berikut ini lima latihan dasar untuk membuat kemampuan bermain sepakbola berkembang:

1. Menendang Bola



Menendang bola ialah cara untuk mendorong bola menggunakan kaki sesuai arah dan tujuan. Menendang bola menjadi dasar dari permainan sepakbola tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan menendang bola.

Yang pertama tumpuan kaki harus benar-benar sesuai yaitu berada sejajar atau di samping bola dengan sedikit ditekuk. Kemudian ayunan kaki lainnya untuk menendang bola mepengaruhi kecepatan alur bola.

Selain itu ada tiga sisi kaki yang digunakan untuk menendang bola yaitu sisi kaki bagian dalam, bagian luar dan punggung kaki.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih tendangan seperti berlatih umpan menggunakan tembok. Caranya tendang bola ke arah benda keras atau tembok untuk melatih akurasi dan juga mengatur laju bola.

Selain itu latihan menendang juga bisa menggunakan pemain lain atau penjaga gawang untuk melatih tembakan. halaman 2 dari 5
2. Menggiring Bola



Dribbling atau menggiring bola adalah latihan dasar lainnya yang wajib dimatangkan oleh pesepakbola. Menggiring bola juga bisa diartikan membawa atau mendorong bola sesuai dengan arah lari serta masih berada di dalam penguasaan si pemain.

Biasanya menggiring bola dilakukan dengan punggung kaki sambil berlari. Sangat disarankan untuk banyak berlatih menggiring bola untuk meningkatkan sentuhan dan mengasah naluri.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berlatih menggiring bola. Salah satunya adalah belajar menggiring bola secara lurus dengan jarak 10 meter. Selain itu menggiring bola melewati rintangan seperti cone atau garis pembatas juga jadi cara lain untuk mengasah keterampilan.

Selain itu, latihan menggiring bola juga bisa dilakukan dengan beberapa sesi mengumpan dan menendang bola ke sasaran. Lakukan latihan menggiring bola 10 meter diakhiri dengan umpan atau tendangan. halaman 3 dari 5
3. Kontrol Bola



Hal ini tak kalah penting karena kontrol bola menentukan apakah ada sudah layak untuk menerima sesi latihan yang lebih sulit. Ada banyak cara untuk mematangkan kontrol bola.

Langkah mudahnya adalah belajar melakukan operen pendek dari kaki kiri ke kanan menggunakan kaki bagian dalam.

Anda juga harus tahu kaki bagian mana yang harus digunakan untuk mengontrol atau menahan bola. Kaki bagian luar dan dalam digunakan untuk mengendalikan bola.

Selain itu anda juga bisa melatih kontrol bola dengan menggunakan tembok. Caranya tendang / pantulkan bola ke tembok dan kontrol bola pantulan tadi. Selain itu berlatih bersama teman juga jadi alternatif lain. Perintahkan teman untuk mengumpan bola ke arah Anda.

Juggling bola juga jadi salah satu cara untuk mengasah penguasaan terhadap si kulit bundar. halaman 4 dari 5
4. Berlari



Kecepatan adalah salah satu faktor penting dalam sepakbola. Untuk itu mengasah kemampuan berlari juga penting dalam sepakbola. Cara berlari yang tidak benar membuat anda rentan cedera.

Apalagi seorang pemain sepakbola harus berlari menggunakan sepatu bola dengan pull di bagian bawahnya. Tentu saja cara berlari harus benar-benar diperhatikan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan berlari.

Berlari mengelilingi lapangan, menggunakan speed lader atau parasut khusus menjadi salah satu caranya. halaman 5 dari 5
5. Visi Bermain



Kemampuan ini berada di sisi non-teknis yang berpengaruh pada performa di lapangan. Visi bermain berguna sebagai arah dan karakter dari permainan anda.

Jika ingin tampil sebagai bek, anda harus tahu bagaimana caranya bertahan, menghadapi lawan hingga menguasai bola. Begitu pula jika anda menjadi penyerang, tentunya insting untuk mencetak gol harus terus diasah.

Ada banyak cara untuk dapat meningkatkan visi bermain. Selain mempelajari dengan tekun empat poin di atas, banyak melihat pertandingan baik secara langsung maupun di televisi atau Internet menjadi beberapa hal yang berguna untuk meningkatkan visi bermain.

Selain itu biasanya pengalaman membentuk visi. Sebuah situasi dalam pertandingan tentunya akan diingat untuk kemudian anda evaluasi. Nantinya jika bertemu dengan situasi yang sama, maka anda akan dengan mudah mengatasinya.


Cerita Renan Silva: Keringat dan Kerja Keras Raih Gelar Best Player Liga 1

Terakhir diubah:  21/11/20 - 07:50






Video Trending



Berita Terkait


1591603201608

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?