Akhirnya Claude Makelele Buka-Bukaan kenapa Dirinya Pindah dari Real Madrid ke Chelsea


  •    Dwi Anggoro
  •    21/11/20 - 11:30
  •    5.896

Claude Makelele
Fox Sport Asia

Kepergian Claude Makelele dari Real Madrid pada musim panas 2003 merupakan peristiwa penting dalam periode penuh gejolak yang juga mengakibatkan hilangnya pelatih Vicente del Bosque dan kapten Fernando Hierro.

Lahir di Kinshasa di tempat yang sekarang Kongo tetapi kemudian menjadi Zaire, Makelele memulai karirnya di Prancis bersama Nantes dan Marseille sebelum bergabung dengan Celta Vigo pada 1998.

Dua tahun kemudian dia bergabung dengan Madrid. Di klub tersebut ia kemudian memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions. Dia bergabung dengan Chelsea pada 2003 yang ia bawa memenangkan dua gelar Liga Premier.

Lubang yang ditinggalkan gelandang Prancis di Santiago Bernabeu terbukti selama bertahun-tahun setelah kepergiannya. Kini Makelele telah menjelaskan alasan di balik keputusannya tersebut dalam sebuah wawancara dengan FourFourTwo yang dilakukan oleh Marca.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3

“Melihat bagaimana hal-hal yang terjadi di Madrid, saya memberi tahu Chelsea bahwa jika saya akan pergi, saya akan pergi ke sana,” ungkap Makelele.

“Saya membuat mereka berjanji dan mereka melakukan segala kemungkinan untuk menandatangani saya. Saya berusia 30 tahun saat itu, tetapi mereka masih membayar untuk transfer penting," lanjutnya.

“Saya pergi ke Chelsea karena mereka datang untuk saya lebih dulu. Kemudian, tim lain seperti Inter Milan dan Manchester United mendekati saya yang juga menginginkan saya sebelum saya pergi ke Madrid," tambahnya.

“Saya tidak tahu apakah Chelsea adalah tim terbaik yang tidak pernah memenangkan (Liga Champions), tapi kami brilian. Dalam lima musim saya di Chelsea, kami mencapai semifinal empat kali, termasuk final 2008," ujarnya.

“Tidak banyak klub yang mencapai itu, dan banyak yang menghabiskan milyaran untuk mencapainya. Chelsea menciptakan tim itu dengan sangat cepat," katanya.

“Biasanya butuh waktu bagi tim untuk membangun semangat seperti yang kami lakukan. Saya ingat bermain kartu sambil bersiap-siap untuk pertandingan, untuk bersantai dan tertawa. Suasana yang baik diciptakan di tim itu dan tidak ada orang di dunia yang ingin melawan kami selama musim-musim itu," pungkasnya.

Setelah Chelsea, Makelele menghabiskan tiga tahun bersama Paris Saint-Germain sebelum pensiun pada 2011. Ia juga merupakan bagian dari tim Prancis yang kalah di final Piala Dunia 2006 dari Italia. halaman 3 dari 3


Highlights Final IFL 2012 - Futsal Kota Bandung vs IPC Pelindo







Video Trending



Berita Terkait


1611563402221

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?