4 Aspek Utama dan 15 Poin Turunan Agar Sukses di Sepak Bola


  •    Kukuh Wahyudi
  •    21/11/20 - 12:30
  •    534

Ilustrasi pesepak bola profesional.
Ilustrasi pesepak bola profesional. (Dok. Bali United)

Bermimpi untuk berkarier sebagai pesepak bola? Anda membutuhkan lebih dari sekedar teknik mengolah kulit bundar. Untuk menjadi pemain sepak bola yang hebat, Anda juga membutuhkan kecerdasan permainan, kebugaran fisik, dan pola pikir yang tepat.

Mengacu pada ertheo.com, Bolalob menyusun 4 aspek utama dan 15 poin turunan yang wajib diketahui untuk menjadi seorang pesepak bola sukses. Berikut ulasannya:

Teknik
Teknik mungkin merupakan elemen yang paling terlihat jelas untuk sukses dalam sepakbola. Bahkan seorang amatir pun bisa mengenali teknik yang bagus. Apakah mereka memiliki kontrol bola yang bagus? Apakah mereka cepat dengan bola di kaki mereka? Bisakah mereka menggiring bola melalui lawan?

1. Kontrol Bola
Pengendalian bola mengacu pada kemampuan pemain untuk mengumpulkan bola dan mendapatkan penguasaannya menggunakan semua bagian tubuh termasuk kaki, tungkai, dada, dan kepala. Seorang pemain dengan pengontrolan bola yang baik dapat menerima operan baik di darat maupun di udara dengan sentuhan pertama yang bersih dengan menjaga bola tetap dekat dengan tubuhnya.

2. Mendribel
Keterampilan menggiring bola mengacu pada kemampuan pemain naik dan turun lapangan dengan kontrol penuh atas bola. Seorang pemain dengan keterampilan menggiring bola yang baik dapat menggerakkan bola ke arah yang berbeda dengan kecepatan yang berbeda dengan kedua kakinya.

3. Akurasi Passing
Akurasi operan mengacu pada kemampuan pemain menggunakan kedua kaki untuk mengirim bola ke tujuan yang diinginkan pemain. Itu bisa berarti mengirim bola langsung ke kaki rekan satu tim dengan kekuatan dan presisi, mengirimkan umpan terobosan ke ruang angkasa dengan bobot yang tepat, mengumpan bola secara akurat di depan gawang, atau, bagi penyerang yang menembakkan bola secara akurat dan kuat ke belakang.

4. Kontrol Tubuh
Kontrol tubuh mengacu pada kemampuan pemain untuk menggerakkan tubuhnya dengan lancar untuk mengoptimalkan keseimbangan dan koordinasi.

Baca Juga :
halaman 2 dari 5
Kecerdasan
Kecerdasan permainan diukur dengan kemampuan pemain untuk membuat keputusan di lapangan dan membuatnya dengan cepat. Pesepak bola yang cerdas bertujuan untuk menjaga permainan sebersih mungkin, meminimalkan pengeluaran energi sekaligus memaksimalkan hasil.

5. Kesadaran Spasial
Kesadaran spasial mengacu pada kemampuan pemain untuk melihat ruang dengan jelas di seluruh lapangan dan memanfaatkannya untuk keuntungan mereka.

6. Pengetahuan Taktis
Pengetahuan taktis mengacu pada pengetahuan pemain tentang sifat dan struktur permainan. Pembentukan tim sangat mempengaruhi taktik yang akan mereka gunakan untuk menang. Formasi sepak bola telah berubah secara drastis selama bertahun-tahun.

7. Penilaian Risiko
Risiko mengacu pada fakta bahwa keputusan agresif tertentu dapat menyebabkan hilangnya kepemilikan (atau kegagalan untuk mendapatkan kembali kepemilikan jika menyelam atau melakukan tekel pada pertahanan). Ketika sebuah tim kehilangan penguasaan bola, setiap anggota tim harus mengeluarkan energi ekstra sampai mereka mendapatkan kembali kendali. halaman 3 dari 5
Kesehatan Fisik
Kebugaran fisik adalah elemen penting lainnya untuk mencapai kesuksesan dalam sepakbola. Pertandingan sepak bola berlangsung selama 90 menit dengan sangat sedikit pemain pengganti.

8. Daya Tahan
Menurut dictionary.com, daya tahan adalah kemampuan atau kekuatan untuk terus bertahan meskipun dalam keadaan lelah, stres, atau kondisi buruk lainnya. Artinya, ketahanan tidak hanya mengacu pada kebugaran fisik pemain dan kemampuan untuk bertahan selama 90 menit. Ini juga mengacu pada kekuatan mental dan kemampuan pemain untuk melanjutkan meskipun dia mungkin merasakan kelelahan yang luar biasa.

9. Keseimbangan dan Koordinasi
Keseimbangan dan koordinasi yang hebat adalah keterampilan yang diperlukan untuk pemain sepak bola. Pesepak bola sering bergerak cepat di ruang-ruang kecil baik melalui pemain bertahan atau, dalam pertahanan, mengikuti pergerakan para pelanggar.

10. Kecepatan
Kecepatan penting bagi pesepakbola dalam hal kecepatan dan kecepatan kaki serta kecepatan melintasi jarak yang lebih jauh. Kecepatan dalam hal kecepatan dan cepat berjalan seiring dengan keseimbangan dan koordinasi.

11. Kekuatan dan Kekuasaan
Kekuatan dan kekuatan berkontribusi pada kecepatan dan kelincahan pemain serta kemampuan mereka untuk menembak, melakukan umpan jauh, mempertahankan dan melindungi bola, mencuri bola dari lawan mereka, dan memenangkan bola dari udara.

Baca Juga :
halaman 4 dari 5
Pola Pikir
Pola pikir yang tepat adalah kunci terakhir untuk meraih kesuksesan dalam sepak bola. Untuk benar-benar mencapai kesuksesan, pesepak bola harus mencurahkan segenap hati dan jiwa ke dalam olahraganya.

12. Semangat dan Cinta
Ciri terpenting yang harus dimiliki seorang pesepak bola untuk mencapai kesuksesan dalam sepak bola adalah hasrat dan kecintaan yang membara pada olahraga.

13. Ketenangan dan kekuatan mental
Gairah dan kecintaan pada olahraga sering kali disertai dengan daya saing yang ekstrem. Mereka yang mencintai olahraganya akan suka menang.

14. Kemampuan Melatih
Ciri penting lainnya dari seorang pemain sepak bola dengan pola pikir yang tepat adalah kemampuan melatih mereka.

15. Motivasi Diri
Sifat terakhir yang harus dimiliki seorang pemain sepak bola untuk benar-benar mencapai kesuksesan dalam sepak bola adalah motivasi diri. halaman 5 dari 5






Video Trending



Berita Terkait


1591603201608

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?