Dipastikan Tak Bisa Wakili Indonesia di Piala AFC, PSM Dukung Siapa pun Penggantinya


  •    Kukuh Wahyudi
  •    23/11/20 - 09:00
  •    11.000

PSM tampil di pentas Piala AFC 2020.
PSM tampil di pentas Piala AFC 2020. (AFC)

PSM bersama Bali United menjadi delegasi Indonesia untuk tampil di Piala AFC 2020. PSM mendapatkan tiket ke turnamen kasta kedua antarklub se-Asia itu setelah sukses menjadi juara Piala Indonesia 2018/19.

Sebenarnya, PSM berpeluang kembali menjadi wakil bal-balan nasional lantaran Liga 1 dan Piala Indonesia musim 2020 tak tuntas hingga akhir tahun. Di satu sisi, PSSI wajib setor ke AFC siapa saja klub Indonesia yang dikirim ke kompetisi AFC.

Karena belum ada juara musim 2020, maka memungkinkan Indonesia mengirim kembali dua juara Liga 1 dan Piala Indonesia musim terakhir, yaitu PSM dan Bali United.

Namun, PSM dipastikan tak bisa memwakili Indonesia meskipun skema untuk mengirim juara musim lalu diterapkan.

Pasalnya, secara administrasi PSM tak layak. Mereka tidak dinyatakan granted atau klub profesional dalam proses AFC Club Licensing. Siapa pun yang lolos dari proses itu dipastiakn bisa tampil di kompetisi AFC dan tentunya harus didukung oleh syarat dari kompetisi internal masing-masing setiap negara, seperti juara kompetisi atau ajang pendampingnya.

Manajemen PSM mengaku legowo dengan fakta tersebut. Mereka pun mendukung siapa pun yang menggantikan slot PSM di pentas AFC musim depan.

Baca Juga :


"PSM telah memenuhi kewajiban dengan mengikuti Club Licensing 2020. Itikad baik manajemen PSM Makassar sejak awal dibuktikan dengan berkomitmen mengikuti club licensing tersebut. Bahkan, PSM Makassar menjadi klub pertama yang menuntaskan item-item penilaian club licensing 2020. Hasilnya, PSM Makassar tidak memenuhi persyaratan," tulis pernyataan resmi PSM.

"Manajemen PSM Makassar menyampaikan permohonan maaf kepada para suporter yang kecewa dengan kegagalan PSM Makassar tampil di event internasional musim 2021. Namun, hal ini tidak perlu diratapi. Tidak lolos club licensing bukan akhir dari segalanya," tulisnya melanjutkan.

"Terkait AFC Cup musim 2021 mendatang, PSM Makassar mendukung siapa pun tim asal Indonesia yang akan tampil. Sekaligus mendoakan semoga bisa meraih prestasi setinggi-tingginya," bunya keterangan resmi PSM lagi.

Sementara itu, dalam dua tahun beruntun sebenarnya PSM lolos club licensing dengan sangat meyakinkan. Bahkan, musim 2019 lalu PSM meraih predikat granted. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1605708601665

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?