10 Hal Yang Membuat Maradona Layak Mendapat Gelar Pemain Terbaik Sepanjang Masa


  •    Robert
  •    26/11/20 - 08:30
  •    5.746

Diego Maradona saat memenangi Piala Dunia 1986 Meksiko (AFP)
Diego Maradona saat memenangi Piala Dunia 1986 Meksiko (AFP)

Berita mengejutkan datang dari dunia sepak bola ketika legenda asal Argentina, Diego Maradona meninggal pada usia 60 tahun karena henti jantung.

Menurut laporan dari BBC, Maradona wafat akibat henti jantung. Legenda sepakbola asal Argentina itu menghembuskan napas terakhir di rumahnya, Rabu (25/11/2020) malam WIB.

Sebelumnya pada awal bulan November ini, Maradona sempat menjalani operasi akibat hematoma subdural, yang merupakan gumpalan darah di permukaan otak. Operasi yang berlangsung di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina, berjalan sukses.

Baca Juga :


Perdebatan memang selalu ada, ketika pertanyaan siapa yang layak menjadi pemain terbaik sepanjang masa muncul. Nama Pele, Maradona atau Lionel Messi?

Namun beberapa alasan dibawah ini bisa meyakinkan kita bahwa Maradona layak mendapat label pemain terbaik sepanjang masa.

1. Visi bermain



Visi, operan, kontrol bola, dan keterampilan dribbling Maradona dikombinasikan dengan perawakannya yang kecil (1,65 meter), yang memberinya pusat gravitasi rendah yang memungkinkannya untuk bermanuver lebih baik daripada kebanyakan pemain sepak bola lainnya; dia sering menggiring bola melewati beberapa pemain lawan secara beruntun.

2. Jiwa kepemimpinan

Kehadiran dan kepemimpinannya di lapangan memiliki pengaruh besar pada kinerja umum timnya, sementara dia sering disingkirkan oleh lawan. Selain kemampuan kreatifnya, ia juga memiliki kemampuan untuk mencetak gol dan dikenal sebagai spesialis tendangan bebas. Bakat dewasa sebelum waktunya, Maradona diberi julukan "El Pibe de Oro" ("Anak Emas"), nama yang melekat padanya sepanjang karirnya.

3. Dua kali pecahkan rekor transfer



Seorang playmaker elegan yang beroperasi di posisi nomor 10 klasik, Maradona adalah pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang menetapkan biaya transfer rekor dunia dua kali, pertama ketika dia ditransfer ke Barcelona dengan rekor dunia saat itu 5 juta pounds di tahun 1982 dari Boca Junior dan kedua saat tiba ke Napoli dengan biaya rekor 6.9 juta pounds pada tahun 1984. halaman 2 dari 4
4. Main di empat Piala Dunia



Dalam karir internasionalnya bersama Argentina, ia memiliki total 91 caps dan mencetak 34 gol. Maradona bermain di empat Piala Dunia FIFA, termasuk Piala Dunia 1986 di Meksiko di mana dia menjadi kapten Argentina dan memimpin mereka meraih kemenangan atas Jerman Barat di final, dan memenangkan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen.

5. Gol tangan Tuhan



Di perempat final Piala Dunia 1986, ia mencetak kedua gol dalam kemenangan 2-1 atas Inggris yang masuk dalam sejarah sepakbola karena dua alasan berbeda. Gol pertama adalah handling foul yang tidak diberi sanksi yang dikenal sebagai "Gol tangan Tuhan", sedangkan gol kedua mengikuti dribel 60 m melewati lima pemain Inggris, dipilih sebagai "Goal of the Century" dalam voting di FIFA.com pada 2002.

6. Pencapaian individu

Berikut beberapa pencapain terbaik Maradona saat masih aktif sebagai pemain: World Cup (1), World Cup Golden Ball (1), World Cup Silver Ball (1), World Cup Silver Shoe (1), World Cup All-Star Team (2), World Cup All-Time Team; FIFA Player of the Century; Serie A (2), South American Footballer of the Year (2), Argentine Footballer of the Year (4).

7. Gereja Maradona dan Banyak dijadikan judul lagu

Penggemar memulai "Gereja Maradona" di Buenos Aires pada tahun 1998. Setiap tahun ditandai dengan ulang tahun Maradona. 30 Oktober 2010 adalah 50 D.D [“despues de Diego”], "atau‘ After Diego ’.

Banyak artis Argentina menyanyikan lagu-lagu untuk menghormati Diego, seperti "La Mano de Dios" oleh El Potro Rodrigo, "Maradona" oleh Andrés Calamaro, "Para siempre Diego" (Diego forever) oleh Los Ratones Paranoicos, "Francotirador" (Sniper) oleh Attaque 77, "Maradona blues" oleh Charly García, "Santa Maradona" (Saint Maradona) oleh Mano Negra, "La Vida Tombola" oleh Manu Chao, antara lain. Ada juga film, seperti: Maradona, La Mano de Dios (Maradona, Tangan Tuhan), El Camino de San Diego (Jalan Saint Diego), Amando a Maradona (Loving Maradona), Maradona oleh Kusturica. halaman 3 dari 4
8. Punya banyak sponsor

Pada tahun 1982, Maradona telah menjadi salah satu bintang olahraga terbesar di dunia dan mendapat dukungan dari banyak perusahaan, termasuk Puma dan Coca-Cola, memberinya tambahan $1,5 juta per tahun di atas gaji klubnya. Pada tahun 1982, ia tampil dalam iklan Piala Dunia untuk Coca-Cola, dan iklan Jepang untuk Puma.

Pada tahun 2010 ia muncul dalam iklan untuk rumah mode Prancis Louis Vuitton, memanjakan diri dalam permainan sepak bola meja dengan sesama pemenang Piala Dunia Pelé dan Zinedine Zidane. Maradona tampil dalam video musik lagu Piala Dunia 2010 "Waka Waka" oleh Shakira, dengan cuplikan yang ditampilkan saat dia merayakan Argentina memenangkan Piala Dunia 1986.

9. Pahlawan Kota Naples



Maradona tiba di Napoli dan diperkenalkan kepada media dunia sebagai pemain Napoli pada tanggal 5 Juli 1984, di mana ia disambut oleh 75.000 penggemar pada presentasinya di Stadio San Paolo.

Di Napoli, Maradona mencapai puncak karir profesionalnya: ia segera mewarisi ban kapten dari bek veteran Napoli Giuseppe Bruscolotti dan dengan cepat menjadi bintang yang dipuja di antara para penggemar klub; pada masanya di sana dia mengangkat tim ke era paling sukses dalam sejarahnya.

Dua gelar Scudetto dan Piala UEFA menjadi beberapa pencapaian terbaik Maradona bersama Napoli. Di samping itu ia sukse smencetak 115 gol dalam 259 penampilannya untuk klub.

10. Pencetak gol ulung

Dalam 21 tahun karir profesionalnya, Maradonna memiliki lebih dari 300 gol, 34 diantaranya untuk Argentina di panggung internasional.

Pada tahun 2000, FIFA memutuskan untuk memberikan penghargaan Player of the Century untuk milenium baru. Setelah akhirnya sampai pada keputusan bahwa Pele dan Maradona akan berbagi penghargaan tersebut, pemain Brasil itu berkata: "Jika dia pikir dia adalah pemain terbaik abad ini, itu masalahnya." halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1611022202075

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?