50 Fakta Menarik Diego Maradona: Dekat dengan Fidel Castro Hingga Gol Tangan Tuhan


  •    Robert
  •    26/11/20 - 09:30
  •    1.340

Diego Maradona saat membela Napoli (AFP)
Diego Maradona saat membela Napoli (AFP)

Salah satu legenda sepak bola dunia Diego Maradona telah berpulang ke rumah Tuhan, usai mengalami henti jantung.

Maradona meninggal dunia akibat henti jantung di rumahnya, Rabu (25/11/2020) malam WIB. Mantan pemain Barcelona dan Napoli ini meninggal di usia 60 tahun.

Baca Juga :


Kepergian Maradona menjadi pukulan untuk negara Argentina. Maradona sempat berhasil mengantarkan Albiceleste meraih trofi Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Berikut 50 fakta menarik tentang Si Tangan Tuhan:

1. Diego Armando Maradona lahir pada tanggal 30 Oktober 1960 di kota pinggiran Buenos Aires.

2. Maradona membuat 91 penampilan untuk Argentina, mencetak 34 gol.

3. Dia bermain di empat turnamen Piala Dunia untuk negaranya.

4. Dia membantu Boca Juniors menjadi juara liga pada tahun 1982 sebelum pindah ke Barcelona. Tetapi pada tahun 1984, ia pindah ke Napoli dan membantu mereka memenangkan dua gelar Serie A, dimana itu adalah Scudetto klub hingga saat ini - pada tahun 1987 dan 1990.

5. Maradona memegang rekor untuk membuat penampilan terbanyak sebagai kapten negara manapun di Piala Dunia. Dia menjadi kapten Argentina pada 16 kesempatan.

6. Secara total, dia membuat 21 penampilan di turnamen Piala Dunia.

7. Maradona yang berusia 15 tahun membuat debut profesionalnya pada 20 Oktober 1976 untuk Argentinos Juniors.

8. Maradona adalah bagian dari skuad muda Argentina yang memenangkan Piala Dunia Remaja 1979 di Jepang.

9. Pada 27 Februari 1977, Maradona melakukan debut internasionalnya melawan Hongaria pada usia 16 tahun di stadion Bombonera di Buenos Aires.

10. Dia memiliki tato Che Guevara di lengannya, dan potret Fidel Castro di kaki kirinya. Ia dikenal dekat dengan pemimpin diktaktor Kuba itu. halaman 2 dari 6
11. Maradona memegang rekor paling banyak menderita pelanggaran di Piala Dunia - 53, selama Piala Dunia 1986 di Meksiko.

12. Dia juga memegang rekor pelanggaran terbanyak yang diderita dalam satu pertandingan di Piala Dunia, ketika Italia melakukan pelanggaran sebanyak 23 kali dalam edisi turnamen tahun 1982.

13. Maradona menjadi kapten Argentina menuju kejayaan Piala Dunia 1986, mengalahkan Jerman Barat 3-2 di final.

14. Diego juga memenangkan Bola Emas karena menjadi pemain yang tampil luar biasa di turnamen tersebut.

15. Diego mencetak gol menggunakan tangannya di perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Ketika ditanyai tentang kejadian tersebut, dia berkata: “Gol itu dicetak sedikit oleh tangan Tuhan, sedikit oleh kepala Maradona.”

16. Ia memenangkan Serie A bersama Napoli pada tahun 1987, prestasi yang terulang pada tahun 1990. Ia juga memenangkan Piala UEFA pada tahun 1989.

17. Pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, Maradona hanya bermain dalam dua pertandingan - mencetak satu gol melawan Yunani - karena dia dipulangkan setelah gagal dalam tes doping.

18. Maradona menikahi Claudia Villafane pada 7 November 1989 di Buenos Aires, tetapi pasangan itu bercerai pada 2004.

19. Pada tahun 2005, Maradona mulai membawakan acara bincang-bincang di televisi Argentina. Pele adalah tamu utamanya di pertunjukan pertamanya, meskipun mereka bersaing.

20. Dia dikukuhkan sebagai manajer tim nasional Argentina pada Oktober 2008. halaman 3 dari 6
21. Selama masa jabatannya sebagai manajer, Argentina menyamai kekalahan terburuk mereka dengan kalah 6-1 dari Bolivia di kualifikasi Piala Dunia. Hal ini menyebabkan Maradona menerima cukup banyak kritik. Dan ketika timnya lolos ke turnamen, dia melontarkan kata-kata kasar "terus mengisap" yang terkenal. FIFA melarangnya selama dua bulan setelah komentarnya itu.

22. Debut manajerial Maradona untuk Argentina adalah pada tanggal 19 November 2008. Pada hari itu, timnya melawan Skotlandia di Hampden Park dan muncul sebagai pemenang dengan skor 1-0.

23. Pada 22 Juni 2010, Maradona mengatakan tentang bola Jabulani: "Saya akan meminta semua direktur FIFA untuk berhenti membicarakan saya dan mulai bekerja untuk memiliki sepak bola yang tepat. Bola ini tidak berguna. Tidak mungkin untuk dikendalikan."

24. Dalam konferensi pers sebelum babak sistem gugur pertama di Piala Dunia 2010, Maradona melompati rintangan untuk merangkul mantan rekan setim Napoli Salvatore Bagni, seorang pesepakbola yang menjadi pakar. Menyusul sapaan ramah, Bagni berkata: "Bahkan mengenalnya seperti yang telah saya lakukan selama ini, Diego selalu melakukan sesuatu untuk mengejutkan Anda."

25. Maradona dengan keras membela Lionel Messi setelah Argentina tersingkir dari Piala Dunia 2010 ketika dia berkata: "Siapa pun yang mengatakan dia tidak memiliki Piala Dunia yang hebat adalah idiot."

26. Mantan rekan setimnya Jorge Valdano mengatakan tentang dia pada tahun 2006: “Dia adalah seseorang yang ingin ditiru banyak orang, sosok kontroversial, dicintai, dibenci, yang menimbulkan pergolakan besar, terutama di Argentina ... Menekankan kehidupan pribadinya adalah sebuah kesalahan . Maradona tidak memiliki rekan-rekan di dalam lapangan, tapi dia telah mengubah hidupnya menjadi pertunjukan, dan sekarang menjalani cobaan pribadi yang tidak boleh ditiru."

27. Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengajukan permintaan kepada FIFA untuk memensiunkan seragam nomor 10 untuk menghormati Maradona. Permintaan itu ditolak.

28. Argentinos Juniors menamai stadion mereka setelah Maradona, menyebutnya Estadio Diego Armando Maradona.

29. Maradona berkata setelah mengalahkan Inggris di perempat final Piala Dunia 1986: "Seolah-olah kami telah mengalahkan sebuah negara, lebih dari sekedar tim sepak bola."

30. Maradona menyatakan pada tahun 1996: "Saya dulu, saya sekarang dan saya akan selalu menjadi pecandu narkoba. Seseorang yang terlibat dalam narkoba harus melawannya setiap hari." halaman 4 dari 6
31. Pada tahun 2000, FIFA memutuskan untuk memberikan penghargaan Player of the Century untuk milenium baru. Setelah akhirnya sampai pada keputusan bahwa Pele dan Maradona akan berbagi penghargaan tersebut, pemain Brasil itu berkata: "Jika dia pikir dia adalah pemain terbaik abad ini, itu masalahnya."

32. Diminta untuk menyebutkan starting XI-nya pada tahun 1990, manajer Argentina Carlos Bilardo dengan terkenal mengatakan: "Maradona dan 10 lainnya."

33. Maradona diangkat sebagai wakil presiden olahraga Boca Juniors pada tahun 2005. Dia berhenti setahun kemudian.

34. Pembuat film Serbia Emir Kusturica membuat film dokumenter tentang Maradona, yang ditayangkan perdana di Festival Film Cannes pada 2008.

35. Pada tahun 1986, mantan manajer Inggris Sir Bobby Robson mengatakan: "Dengan Maradona, Arsenal bisa memenangkan Piala Dunia."

36. Mantan bek Inggris Phil Neal mengatakan tentang Maradona yang berusia 18 tahun pada tahun 1978: "Anak itu sungguh luar biasa - dia adalah yang terbaik yang pernah saya lihat."

37. Penggemar memulai "Gereja Maradona" di Buenos Aires pada tahun 1998. Setiap tahun ditandai dengan ulang tahun Maradona. 30 Oktober 2010 adalah 50 D.D [“despues de Diego”], "atau‘ After Diego ’.

38. Gol kedua Maradona melawan Inggris - yang terjadi hanya empat menit setelah 'Tangan Tuhan' - di perempat final Piala Dunia 1986 membuatnya menggiring bola melewati bek lawan untuk akhirnya mengalahkan Peter Shilton untuk membuat skor 2-0 . FIFA menyebut ini Tujuan Abad Ini.

39. Dia dan Messi adalah satu-satunya pemain yang memenangkan Bola Emas di Piala Dunia U-20 FIFA dan Piala Dunia FIFA.

40. Dia berteman baik dengan pemimpin Kuba Raul Castro. halaman 5 dari 6
41. Maradona harus meninggalkan Napoli pada tahun 1991 setelah gagal dalam tes narkoba untuk kokain.

42. Pemain Argentina itu menolak menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia 2006 di Jerman, dengan mengatakan: "Saya di sini bukan untuk melihat Pele yang berdarah berjalan-jalan."

43. Dalam perang kata-kata yang sedang berlangsung dengan pemain Brasil itu, Pele berkata selama pemerintahan Maradona sebagai bos tim nasional: “Tapi itu bukan salah Maradona. Itu adalah kesalahan siapa pun yang menugaskannya. " Orang Argentina itu membalas kemudian, berkata: "Pele harus kembali ke museum. Dan tetap di sana."

44. Pejabat Italia mengungkapkan pada 2009 bahwa Maradona berhutang € 37 juta kepada mereka. Lebih dari setengah jumlah ini adalah bunga atas hutang awal.

45. Maradona mencetak rata-rata 0,526 gol per pertandingan di kompetisi klub domestik.

46. Dia adalah pencetak gol terbanyak kelima untuk Argentina, di belakang Lionel Messi, Gabriel Batistuta, Sergio Aguero dan Hernan Crespo.

47. Kelompok penggemar Skotlandia The Tartan Army memuji Maradona karena mengirim tetangga mereka keluar dari Piala Dunia 1986.

48. Maradona menyatakan tentang Piala Dunia 1998: “Para pemain memiliki kaki persegi. Mereka seperti Robocops, mereka lebih membutuhkan pelumas daripada pijat. Saya tidak percaya turnamen bisa lebih buruk. ”

49. Maradona adalah satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang memecahkan rekor biaya transfer dua kali.

50. Franco Baresi dan Paolo Maldini menggambarkannya sebagai pemain terberat yang pernah mereka lawan. halaman 6 dari 6






Video Trending



Berita Terkait


1610803801861

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?