Sebelum Bagus Kahfi, 10 Pemain Indonesia Sudah Lebih Dulu Jajal Liga Belanda


  •    Robert
  •    04/12/20 - 20:10
  •    15.281

Ilustrasi Bagus Kahfi bersama dengan pemain Indonesia di Liga Belanda (Bolalob)
Ilustrasi Bagus Kahfi bersama dengan pemain Indonesia di Liga Belanda (Bolalob)

Jalan Bagus Kahfi untuk melanjutkan karir di Eropa khususnya Belanda menemui titik terang, usai klubnya Barito Putera telah memberikan lampu hijau.

FC Utrecht diyakini menjadi klub yang berminat untuk membawa pemain Garuda Select tersebut. Selain untuk menjalani masa penyembuhan cedera engkelnya lebih dulu, Bagus diproyeksi akan bermain di Jong Utrecht.

Baca Juga :


Jong Utrecht sendiri adalah tim kedua FC Utrecht yang berada di Eerste Divisie atau divisi kedua Liga Belanda.

Namun sebelum Bagus melanjutkan karir di Liga Belanda, ada banyak pemain Indonesia ataupun keturunan yang pernah bermain di Belanda.

Gelombang I



Dimulai dari rombongan naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI pada tahun 2010. Dimana nama-nama seperti Sergio van Dijk, Tonnie Cusell, Jhonny van Beukering, Ruben Wuarbanaran, Raphael Maitimo hingga Diego Michelis.

Semuanya adalah pemain Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia dari keluarga mereka.

Van Dijk adalah jebolan akademi Groningen, lalu ia pernah bermain untuk Helmond Sport dan juga Emmen sebelum pergi ke Australia dan juga Liga Indonesia.

Lalu adalah gelandang Tonnie Cusell yang merupakan jebolan akademi Vitesse, FC Twente dan FC Volendam. Pemilik 2 caps Timnas Indonesia ini juga sempat menjalani karir profesionalnya di RKC Waalwijk dan sejumlah klub kecil di Belanda. halaman 2 dari 5
Selanjutnya ada Jhonny van Beukering, striker bertubuh gempal ini adalah pemain dari Vitesse, De Graafschap, NEC, Go Ahead Eagles hingga Feyenoord.



Bahkan bersama dengan De Graafschap, Van Beukering sukses meraih dua kali gelar Eerste Divisie (2006–2007, 2009–2010).

Sementara Ruben Wuarbanaran yang bermain sebagai bek pernah tampil di N.E.C. Nijmegen dan Jong FC Den Bosch. Dirinya pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-23 pada ajang SEA Games 2011, Ruben belum mendapatkan kesempatan untuk bermain di timnas senior. Dia pernah bermain untuk Belgia CS Vise.

Sedangkan Raphael Maitimo adalah pemain jebolan akademi Feyenoord, ia berteman baik dengan Robin van Persie. Sebelum berkarir di Liga Indonesia, Maitimo pernah berkostum FC Dordrecht di Eerste Divisie.

Nama terakhir adalah bek Borneo FC saat ini, Diego Michelis yang bermain dua musim di tim utama Go Ahead Eagles, sebelum pergi ke Indonesia pada tahun 2011 untuk bermain di Pelita Jaya. halaman 3 dari 5
Gelombang II

Lalu selanjutnya ada nama-nama baru yang hingga saat ini masih bermain dan membela Timnas Indonesia. Sebut saja Setelah Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Ezra Walian hingga yang terbaru yang baru dinaturalisasi Marc Klok.

Stefano Lilipaly memilih untuk membela Timnas Indonesia di panggung internasional pada tahun 2011 lalu sebelum debut dua tahun berselang.



Lilipaly adalah pemain jebolan akademi AZ dan FC Utrecht. Tak banyak mendapatkan kesempatan di tim utama FC Utrecht, Lilipaly hengkang ke Almere City pada tahun 2012.

Sempat semusim di Jepang bersama Consadole Sapporo, Lilipaly memutuskan kembali ke Belanda dan bermain untuk Telstar dan SC Cambuur. Baru sejak tahun 2017 ia membela Bali United hingga saat ini.

Irfan Bachdim juga pernah berseragam FC Utrecht untuk tim akademi dan juga tim utama. Ia pernah tampil untuk klub Belanda lainnya seperti Haarlem dan juga SV Argon. Musim ini Irfan Bachdim bermain untuk PSS Sleman. halaman 4 dari 5
Sebelum bergabung dengan PSM Makassar di tahun 2019, Ezra Walian bermain untuk sejumlah klub Eerste Divisie seperti Jong Ajax, Almere City dan RKC Waalwijk.



Ezra yang pernah membela Timnas Belanda U-16 dan U-17 adalah pemain akademi AZ dan Ajax.

Sementara Marc Klok yang baru saja resmi jadi Warga Negara Indonesia, adalah pemain jebolan Utrecht dan sempat tampil untuk Jong Utrecht. Setelah meninggalkan Jong Utrecht, Klok lebih banyak menghabiskan karir bermainnya di luar Belanda dan datang ke Indonesia pada tahun 2017.

Tiga musim di PSM Makassar, Klok saat ini bermain untuk Persija Jakarta.

Menarik menanti aksi dari Bagus Kahfi yang menjadi pemain asli Indonesia pertama yang berkarir di Belanda. halaman 5 dari 5





Video Trending



Berita Terkait


1612758601656

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?