Kaleidoskop 2020: Isu Naturalisasi Pemain Muda Brasil Buat Gaduh Sepakbola Nasional


  •    Robert
  •    31/12/20 - 16:00
  •    25.795

Kaleidoskop 2020: Isu Naturalisasi Pemain Muda Brasil Buat Gaduh Sepakbola Nasional (Bolalob)
Kaleidoskop 2020: Isu Naturalisasi Pemain Muda Brasil Buat Gaduh Sepakbola Nasional (Bolalob)

Salah satu topik terpanas di tahun 2020 adalah wacana naturalisasi lima pemain muda asal Brasil yang dilakukan oleh PSSI. Walau pada akhirnya federasi membantah rencana itu.

Sebanyak lima pemai muda asal Brasil tiba-tiba datang ke Indonesia pada medio bulan Agustus lalu. Mereka bahkan ditampung oleh tiga klub Liga 1. Pedro Henrique Bartoli Jardim (19 tahun) dan Hugo Guilherme Correa Grillo (18 tahun) sudah berlatih dengan Arema.



Sementara di Persija ada nama Thiago Apolinario Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima. Di Madura United ada nama Robert Junior Rodrigues Santos.

Baca Juga :


PSSI sendiri melalui Direktur Teknik, Indra Sjafri telah membantah menjadi inisiator program naturalisasi lima pemuda Brasil.

Sebelumnya sempat beredar kabar mengenai rencana 'luar biasa' PSSI untuk memajukan prestasi Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 tahun depan. Salah satunya mendatangkan pemain muda asal Brasil untuk dinaturalisasi.

Program naturalisasi pemain Brasil itu mendapat pertentangan dari publik. Secara teratur para pemain itu pun memilih kembali ke negara asalnya, usai tak ada kejelasan mengenai kompetisi di Indonesia. halaman 2 dari 4
Manajemen Madura United lebih dulu memutuskan tidak memperpanjang masa seleksi Robert Junior Rodrigues Santos.

Namun setelah melihat perkembangan dan hasil diskusi dengan staf pelatih, manajemen Madura United bernecana ingin mengembalikan Junior pada agennya. Manajemen juga sudah menyiapkan tiket pesawat untuk Junior pulang ke Brasil.

Pedro, bersama dengan Hugo Grillo bergabung Arema FC sejak tanggal 18 Agustus 2020 lalu dengan status sebagai pemain seleksi. Manajemen Arema FC, ketika itu, sempat berencana untuk menaturalisasi Pedro dan Hugo.

Baca Juga :


Akan tetapi, kebersamaan Pedro dengan Arema FC hanya bertahan hampir satu bulan lamanya. Kabarnya, pemain 19 tahun tidak mencapai kesepakatan dengan manajemen Arema FC.

Namun pada akhirnya pelatih Timnas U-19 Shin Tae Yong memanggil pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri untuk bergabung dengan skuat Garuda muda.

Mulai dari bek Ipswich Town keturunan Inggris, Elkan Baggott, lalu ada Jack Brown. Hingga dua kakak-beradik Kelana dan Luah Mahesa yang berasal dari Jerman. halaman 3 dari 4
Program naturalisasi pemain Brasil oleh klub Liga 1 saat ini ternyata bukan program baru, dimana hal serupa pernah dilakukan oleh PSSI saat dipimpin oleh Nurdin Halid.

Nurdin Halid terpilih sebagai Ketua Umum PSSI pada tahun 2003 lalu, ia sosok yang cukup kontroversial dengan menjalankan roda organisasi dari balik terali besi penjara.

Ia mendatangkan tujuh pemain asal Brasil ke Indonesia untuk dinaturalisasi. Lima nama bahkan sudah datang ke Indonesia pada tahun 2006 lalu.

Mereka adalah Carlos Pablo de Aguair, Morillo Avante de Luzia, Fabricio Mota, Tomaz da Silva dan I Thamar Rangel.

Tentu langkah yang diambil PSSI kala itu ditentang oleh berbagai kalangan. Mereka tidak bisa bahasa Inggris, baru pertama kali naik pesawat bahkan tidak tau buda Indonesia. Tidak adanya informasi yang jelas soal latar belakang calon pemain naturalisasi itu menjadi masalah bagi PSSI.

Baca Juga :


Pada akhirnya proses naturalisasi itu batal dijalankan karena banyak mendapat pertentangan dari berbagai pihak. Setelah pergi dari Indonesia, kelima pemain Brasil itu tidak pernah terdengar kabarnya dan juga nihil prestasi.

Hukum di Indonesia tak mengenal dwi kewarganegaraan. Dimana proses naturalisasi terbagi menjadi dua, yaitu istimewa dan biasa. Istimewa didapat karena berjasa kepada negara.

Sementara naturalisasi biasa sang pemohon harus berdomisili di wilayah Indonesia minimal 5 tahun secara berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut. Seperti yang dilakukan oleh nama-nama seperti Christian Gonzales, Alberto Goncalves dan juga Osas Saha baru-baru ini. halaman 4 dari 4





Video Trending



Berita Terkait


1615019401919

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?