Soal Izin Liga 1, Menpora Mengaku Tak Bisa Intervensi Kepolisian


  •    Rizqi Ariandi
  •    06/01/21 - 19:10
  •    659

Menpora RI, Zainudin Amali saat memimpin rapat virtual
Menpora RI, Zainudin Amali saat memimpin rapat virtual. (sumber foto:Kemenpora)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku tidak bisa mengintervensi Mabes Polri supaya menerbitkan izin penyelenggaraan Liga 1. Menurut Amali, hal itu sepenuhnya merupakan wewenang kepolisian.

Sebagai Menpora, Amali mendukung PSSI untuk kembali menggulirkan kompetisi.

Namun soal izin keamanan, Amali mengaku tidak bisa mengintervensi kepolisian.

Baca Juga :


"Tentang kompetisi, itu menjadi ranahnya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator Shopee Liga 1. Namun, pemerintah tetap memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Amali.

"Tapi Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak dalam wilayah memberikan izin keramaian. Masalahnya, pandemi COVID-19 saat ini masih cukup tinggi. Tentu, ada pertimbangan dari kepolisian untuk memberikan izin keamanan. Bukan cuma untuk satu kegiatan."

"Saya kira bukan cuma sepak bola saja, tapi kegiatan apa saja. Kalau masuk ke sana, kami hanya bisa memberi rekomendasi. Keputusan terakhir tetap ada di Polri yang punya kewenangan untuk memberikan izin keramaian. Kami tidak bisa mengintervensi," jelas Amali.

Baca Juga :


Amali memahami sikap kepolisian yang tak kunjung menerbitkan rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 pada PSSI karena kasus penularan Covid-19 di sejumlah wilayah Tanah Air masih tinggi.

"Kami tidak bisa memaksakan karena ada sejumlah pertimbangan. Namun, kami berharap pandemi COVID-19 ini bisa berakhir agar kita bisa melihat lagi kompetisi," tutur Amali.

halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1618705802315

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?