Jika Persipura Tidak Bisa Ikut Piala AFC, Klub Mana yang Jadi Pengganti?


  •    Rizka Perdana Putra
  •    07/01/21 - 17:30
  •    2.602

Skuad Persipura Jayapura saat menjalani latihan. (Foto: Istimewa)
Skuad Persipura Jayapura saat menjalani latihan. (Foto: Istimewa)

Persipura Jayapura memutuskan untuk membubarkan tim mulai Rabu (6/1/21) karena kesulitan finansial. Jika situasi sepak bola Indonesia tidak menunjukkan kejelasan, Mutiara Hitam pun terancam tidak bisa tampil di ajang Piala AFC.

Persipura terpaksa membubarkan aktivitas tim setelah mereka kesulitan mendapatkan dana di tengah ketidakpastian kompetisi. Salah satu sponsor utama yaitu Bank Papua memutuskan untuk tidak membayarkan sisa kontrak sebesar 5 milyar.

Meski begitu, lewat rilis resminya, Persipura memastikan seluruh gaji pemain, pelatih dan ofisial tetap terbayarkan. Hanya saya, aktivitas tim harus dihentikan sampai mereka mendapat dukungan dari sponsor kembali.

"Kami sangat menyayangkan situasi ini, padahal kami punya kesempatan untuk berlaga di AFC Cup 2021. Kami tidak mungkin memaksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih dan ofisial," kata Persipura lewat akun Instagram resminya.

Baca Juga :


Menurut jadwal, Persipura baru akan bertanding di Piala AFC pada tanggal 18 atau 19 Mei 2021. Artinya, Mutiara Hitam masih memiliki persiapan hingga empat bulan lamanya untuk mempersiapkan tim.

Nah, andai selama jangka waktu tersebut belum ada perkembangan berarti, dan Persipura terpaksa mengundurkan diri dari Piala AFC maka perwakilan Indonesia di AFC Cup kemungkinan bakal diisi oleh tim peringkat empat Liga 1 2019 yaitu Bhayangkara FC.

Hal itu sesuai dengan ketentuan yang tertera di Entry Manual for AFC Club Competition 2021 pasal 9.1. Jika klub peringkat ketiga di suatu negara tidak bisa mengikuti kompetisi Asia, maka tim yang berhak menggantikan adalah klub peringkat keempat.

Akan tetapi, segala keputusan masih akan bergatung pada AFC. Paling buruk, Indonesia bisa saja hanya menurunkan satu wakil di Piala AFC yaitu juara Liga 1 2019 Bali United.

halaman 2 dari 2
Terakhir diubah:  09/01/21 - 21:08






Video Trending



Berita Terkait


1609650002556

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?