PBSI Mengutuk Tindakan 8 Pebulu Tangkis Indonesia yang Terlibat Match Fixing


  •    Kukuh Wahyudi
  •    08/01/21 - 19:00
  •    3.334

Ilustrasi PBSI.
Ilustrasi PBSI.

Kabar mengejutkan datang dari dunia bulutangkis Indonesia. BWF mengumumkan ada delapan pemain Indonesia yang terlibat dalam match fixing di turnamen internasional.

"Delapan pemain Indonesia yang saling mengenal, dan berkompetisi di kompetisi internasional level bawah, sebagian besar di kawasan Asia hingga 2019, melanggar Peraturan Integritas BWF terkait pengaturan pertandingan, manipulasi pertandingan dan/atau judi bulu tangkis," tulis pernyataan resmi BWF.

"Tiga dari mereka ditemukan telah mengoordinasikan dan mengatur orang lain agar terlibat dalam perilaku tersebut dan telah diskors dari semua kegiatan yang berhubungan dengan bulu tangkis seumur hidup. Lima orang lainnya diskors antara enam sampai 12 tahun dan denda masing-masing antara 3.000 dolar AS (sekitar Rp42 juta) dan 12.000 dolar AS (sekitar Rp168 juta)," tulis BWF lagi.

Baca Juga :


Kedelapan pemain yang dimaksud adalah Hendra Tandjaya, Ivandi Danang, Androw Yunanto, Sekartaji Putri, Mia Mawarti, Fadilla Afni, Aditiya Dwiantoro, dan Agripinna Prima Rahmanto Putra.

Sementara itu, pihak PBSI pun telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal itu.

"Bisa dipastikan, delapan pemain yang dihukum BWF tersebut adalah bukan pemain penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur," kata Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy.

PBSI pun memastikan ketika mereka melakukan tindakan yang mencederai sportivitas pada tahun 2015-2017, kedelapan pemain tersebut juga tidak berstatus sebagai pemain tim nasional penghuni Pelatnas Cipayung.

"PBSI mengutuk perbuatan tercela tersebut yang telah mencederai nilai-nilai luhur olahraga yang seharusnya dijunjung tinggi oleh setiap atlet, seperti sportivitas, fair play, respek, jujur, dan adil," tutur Broto Happ lagi. halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1614003602051

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?