Jika Benar Tanpa Degradasi, Sepak Bola Indonesia Bisa Dianggap Lelucon Dunia


  •    I Ngurah Made Wirya Darma
  •    16/01/21 - 18:00
  •    14.594

Laga Liga 1 2020 antara Bali United vs Madura United
Laga Liga 1 2020 antara Bali United vs Madura United (Baliutd.com)

Salah satu poin review dari Owner Club Meeting Liga 1 dan PT LIB yang menyebutkan ada klub yang ingin adanya penghapusan degradasi langsung mendapat reaksi dari berbagai pihak. 

Salah satu yang menentang hal tersebut adalah Budi Setiawan selaku Founder Football Institute. Ia menilai, gagasan kompetisi bergulir tanpa degradasi sangat tidak masuk akal.

"Gagasan ini kan menghilangkan nilai kompetisi itu sendiri. Semuanya ingin melaksanakan kompetisi, tapi kalau tidak ada degradasi ini kan semangatnya jadi hilang," kata Budi dilansir VIVA hari Sabtu (16/1).

"Kalau mau tidak ada degradasi lebih baik tidak usah memulai kompetisi. Lebih baik bikin turnamen yang sifatnya kandang tandang. Masih banyak format untuk melakukan itu, bukan malah kompetisinya yang tanpa degradasi," sambungnya.

Baca Juga :


Lebih lanjut, Budi juga tak habis pikir dengan gagasan penghapusan degradasi yang menurutnya sudah sangat kelewatan. 

"Menurut saya sudah sangat kelewatan, sudah tidak ada lucu-lucunya lagi. Suporter yang ada makin marah, negara lain yang melihat kita nanti bilang 'ini serius gak sih', ucapnya.

"Ini situasi sudah sulit untuk membuat kompetisi, giliran sudah bergulir malah tanpa degradasi. Jadi bahan lelucon banyak orang nanti. Kasihan sepak bola Indonesia kalau seperti itu," tutupnya.

Beberapa poin hasil rapat klub dan LIB itu sendiri akan diteruskan kepada PSSI untuk diambil keputusan. PSSI sudah merencanakan rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 20 Januari mendatang dan akan sekaligus menetapkan sikap mereka soal kompetisi.
halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1610886602048

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?