Fakta Menarik Emile Smith Rowe, Bintang Masa Depan Arsenal


  •    Robert
  •    19/01/21 - 19:30
  •    2.034

Emile Smith Rowe (Arsenal) - Bolalob
Emile Smith Rowe (Arsenal) - Bolalob

Banyak jebolan calon bintang yang muncul dalam skuat Inggris U-17 saat meraih gelar Piala Dunia U-17 2017 lalu di India. Sebut saja Phil Foden (Manchester City), Rhian Brewster (Sheffield United), Callum Hudson-Odoi (Chelsea) hingga yang tengah menjadi buah bibir saat ini Emile Smith Rowe (Arsenal).

Dalam kurun waktu tiga tahun para pemain muda itu nampak semakin dewasa dan menunjukan konsistensi dalam bermain. Tak terkecuali Emile Smith Rowe.

Pundit Sky Sports, Gary Neville mengatakan Emile Smith Rowe bisa bermain di tim Arsenal lama, selama masa kejayaan Arsene Wenger dan menyamakannya dengan Robert Pires setelah kembali membintangi kemenangan meyakinkan timnya atas Newcastle tadi malam (18/1).

Baca Juga :


Pemain berusia 20 tahun itu adalah salah satu penampil terbaik Arsenal dalam kemenangan 3-0 di Emirates saat ia memberikan assist untuk sesama pemain muda Bukayo Saka untuk gol kedua.

Perkenalan Smith Rowe dan pemain muda Arsenal lainnya ke tim akhir-akhir ini telah memicu kebangkitan kembali nasib The Gunners yang telah melihat mereka memenangkan lima dari enam pertandingan terakhir mereka, dengan gelandang serang itu menjadi starter.

Hingga Boxing Day, Smith Rowe tidak bermain satu menit pun di Premier League musim ini, penampilannya terbatas pada kompetisi piala saat ia pulih dari cedera bahu dan Arteta memilih pemain yang lebih berpengalaman di pertandingan yang lebih besar.

Sejak itu, bagaimanapun, dia telah memulai tiga kali dalam seminggu, penampilannya di lini tengah membantu Arsenal mengklaim tiga kemenangan Liga Premier berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Juli. halaman 2 dari 6
Jadi Siapa Sih Emile Smith Rowe?



Smith Rowe berasal dari Thornton Heath di wilayah selatan London, Croydon. Dia pindah ke London utara dengan orang tua dan saudara laki-lakinya ketika dia ditandatangani oleh Arsenal pada tahun 2010.

Smith Rowe bergabung dengan Arsenal's Hale End Academy pada 2010 pada usia sepuluh tahun. Dia membuat penampilan pertamanya untuk U-23 pada musim 2016-17, pada usia 16 tahun. Dia melanjutkan di tim U-23 selama musim 2017-18, membuat 11 penampilan untuk tim tersebut.

Pada usia 17 tahun, ia bergabung dengan tim senior untuk tur pramusim mereka di Singapura pada Juli 2018. Ia mencetak gol saat bermain imbang 1-1 melawan Atletico Madrid di International Champions Cup. Dia juga membantu gol dalam kemenangan 5-1 melawan PSG di kompetisi yang sama pada 28 Juli, yang juga merupakan ulang tahunnya yang ke-18. halaman 3 dari 6
Dua Kali Jalani Masa Pinjaman



Smith Rowe menandatangani kontrak profesional jangka panjang baru dengan Arsenal pada 31 Juli 2018, ketika ia dipuji oleh pelatih kepala Unai Emery memiliki banyak potensi. Panjang kontrak tidak diungkapkan oleh Arsenal, tetapi dilaporkan akan menjadi kontrak lima tahun.

Smith Rowe melakukan debut kompetitif tim utama Arsenal pada 20 September 2018 melawan Vorskla Poltava di Liga Eropa UEFA, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua untuk Alex Iwobi.

Pemain Inggris ini memiliki dampak yang diharapkan para penggemar setelah dipinjamkan ke RB Leipzig dan Huddersfield.

Ia menjalani paruh kedua musim 2018-19 di Jerman bersama RB Leipzig memainkan hanya 3 partai di Bundesliga karena disebut sang manajer klub Ralf Rangnick tak dalam kondisi fit.

Lagi di paruh kedua musim 2019-20 ia bergabung dengan Huddersfield Town di Championship. Ia bermain 19 kali dan mencetak dua gol.

“Saya pernah bermain di luar negeri dan di Championship dan itu membantu perkembangan saya di dalam dan luar lapangan,” kata Smith Rowe.

“Saya merasa telah berkembang dan menjadi lebih kuat serta jadi orang yang lebih percaya diri.

“Manajer sekarang memberi saya kesempatan. Saya sangat bersyukur dan ingin membalasnya dengan menunjukkan bahwa saya cukup bagus untuk berada di tim ini.” halaman 4 dari 6
Gaya Bermain



Smith Rowe telah bermain sebagai gelandang serang sentral, begitu juga sebagai pemain sayap yang melebar dia juga nyaman dalam beroperasi.

Dan pusat lini tengah adalah tempat dia melihat masa depan jangka panjangnya di Stadion Emirates di bawah Arteta. Mulai dari aspek kecakapan teknis, kecerdikan, kelincahan, kecepatan, dan pemikiran sepak bola yang tajam menjadi atribut Smith Rowe

"Saya suka menjadi serba bisa dan saya juga bisa bermain di posisi lain. Tapi saya mungkin akan mengatakan saya paling menikmati bermain di posisi No. 10," kata Smith Rowe kepada The National.

"Di Arsenal, saya sangat mengagumi Mesut Ozil. Saya mengawasinya dalam latihan dan pergerakan yang dia miliki dan sedikit sentuhan yang dia lakukan. Bagi saya untuk berlatih dengannya setiap hari, saya tidak dapat memikirkan hal yang lebih baik."

Liga Premier telah menjadi rumah bagi beberapa gelandang serang terbaik yang pernah ada di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, seperti Christian Eriksen, Philippe Coutinho, Juan Mata dan Kevin De Bruyne.

Dan bintang Manchester City De Bruyne-lah yang disukai Smith Rowe untuk mendasarkan permainannya sendiri.

Smith Rowe melanjutkan: "Di era ketika [Lionel] Messi, [Andres] Iniesta dan Xavi berada di tim Barcelona, saya biasa menonton hampir setiap pertandingan dengan ayah saya. halaman 5 dari 6
Pernah Ditolak Chelsea



Smith Rowe mengungkapkan dirinya pernah ditolak oleh Chelsea sebelum bergabung dengan Arsenal.

"Saat pertama kali bergabung dengan Arsenal, saya sangat terkejut," ucapnya.

"Saya menjalani uji coba di Chelsea pada awalnya, tetapi saya tidak masuk. Saya kembali ke tim amatir saya dan Arsenal langsung menelepon setelah itu. Saya pergi ke Arsenal untuk beberapa uji coba dan saya mendapatkannya dalam beberapa minggu kemudian.

"Tapi di usia muda itu saya tidak terlalu memikirkan tim utama karena sangat mengejutkan saya berada di sini saat itu." halaman 6 dari 6
Apa Kata Mereka?



Sementara itu, Arteta mengaku sedang dengan dampak Smith Rowe bagi Arsenal selama beberapa pekan terakhir.

"Dia adalah pemain yang sangat saya sukai sejak hari pertama saya melihatnya," kata Arteta sebagaimana dikutip dari Metro.

"Melihat cara dia bergerak, betapa cerdasnya dia mengambil posisi yang bags."

"Selama dua minggu terakhir dia lebih terlibat dan Anda bisa lihat apa yang bisa dia bawa ke tim."

"Saya sangat senang memiliki pemain muda berbakat di posisi itu. Itu adalah sesuatu yang kami butuhkan," tambah Arteta.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa Smith Rowe adalah bagian yang hilang dari teka-teki Mikel Arteta. Arsenal selalu memikirkan produk akademi berusia 20 tahun mereka dan ada kelegaan ketika cederanya terbukti kurang serius daripada yang ditakuti.

Dia kembali beraksi pada November dan, karena Arteta memercayainya di posisi No 10 ketika Chelsea berkunjung pada Boxing Day, telah mengubah dimensi serangan yang sebelumnya lemah.

“Saya pikir kualitas yang dia tunjukkan sekarang adalah apa yang kami lihat ketika dia berkembang di kelompok usia yang lebih muda: sangat langsung, selalu melihat ke depan, memiliki sentuhan yang indah, sangat pintar dalam penguasaan bola,” kata Steve Morrow, mantan kepala akademi Arsenal.

“Dia selalu penuh energi dan kerja keras, dan menjadi hidup saat menguasai bola.”
Terakhir diubah:  20/01/21 - 09:21





Video Trending



Berita Terkait


1614576602213

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?