Indonesia Baru Punya 2530 Pelatih Futsal Berlisensi Resmi


  •    Rissalah Maulana
  •    20/01/21 - 20:09
  •    1.506

foto: bolalob
foto: bolalob

Bukan hanya pemain, perkembangan futsal di Indonesia tak terlepas dari peran pelatih untuk membina bibit-bibit pefutsal. Namun dari puluhan ribu pemain futsal dari kelompok usia, amatir maupun profesional, tak sebanding dengan jumlah pelatih yang telah berlisensi.

Dilansir SatuIna.com dari divisi futsal development, Federasi Futsal Indonesia, saat ini Indonesia hanya memiliki 1950 pelatih futsal berlisensi Level 1 Nasional, 527 berlisensi AFC Level 1, serta 53 pelatih berlisensi AFC Level 2.

Hal ini bisa dibilang tak seimbang dengan banyaknya pemain hingga daerah yang punya perkembangan futsal yang aktif. Untuk itu Futsal Development FFI berencana menambah kuantitas pelatih futsal berlisensi.

“Harapannya tentu terjadi pemerataan di 34 provinsi, biar pelatih-pelatih memiliki lisensi. Baik lisensi nasional, AFC Level 1, 2, hingga 3," kata Andri Irawan, mantan pelatih timnas futsal Indonesia yang merupakan instruktur futsal FFI.

Baca Juga :


"Maka semua aspek itu menjadi pokok pembahasan dalam futsal development. Artinya, nanti kualitas harus didukung kuantitas,” ujar lanjutnya.

Menurut Andri, jumlah tersebut dirasa kurang mengingat luasnya wilayah Indonesia. Apalagi saat ini sudah ada standarisasi untuk pelatih-pelatih di klub futsal profesional maupun semi-profesional.

Contohnya saja di AFC di mana pelatih kepala dari tim yang mengikuti agenda futsal Asia wajib berlisensi Level 2 AFC. Standar ini lalu diikuti pada Pro Futsal League di tanah air.

“Apalagi kalau bicara pemerataan, rasanya masih sangat kurang. Kalau pemerataan sudah terjadi di 34 provinsi, ya minimal AFC Level 1, maka pengembangan pemain bisa lebih baik dan benar. Regenerasi pemain pun berjalan lancar,” pungkasnya.


LIMA SNEAKERS DARI ORTUSEIGHT 2020 #WAHSABI BANGET!






Video Trending



Berita Terkait


1606778057263

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?