Klub Top Eropa Punya Wacana Buat Liga Baru, FIFA Sebut Ilegal


  •    Robert
  •    22/01/21 - 06:30
  •    1.035

FIFA (Guardian)
FIFA (Guardian)

Badan sepakbola dunia dan Eropa, yakni FIFA dan UEFA telah memblokir pembentukan Liga Super Eropa. Dimana mereka memperingatkan setiap pemain tidak diperbolehkan tampil di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa jika turun dalam ajang tersebut.

Dilaporkan sejak tahun lalu klub elit Eropa ingin membentuk kembali lanskap sepak bola untuk menciptakan 'Liga Premier Eropa' senilai total 4,6 miliar poundsterling untuk para peserta.

Sebelumnya FIFA sempat mendukung gagasan liga baru yang memisahkan diri itu, yang akan mencakup raksasa Inggris Liverpool dan Manchester United.

Baca Juga :


Tapi sekarang badan sepak bola dunia itu telah menjauhkan diri dari ide Liga Super dan memperkenalkan pencegahan bahwa setiap pemain yang terlibat akan dilarang tampil di turnamen internasional unggulan.

Pernyataan yang dirilis bersama oleh FIFA dan enam konfederasinya berbunyi: "Mengingat spekulasi media baru-baru ini tentang pembentukan Liga Super Eropa tertutup oleh beberapa klub Eropa, FIFA dan enam konfederasi (AFC, CAF, Concacaf, CONMEBOL, OFC) dan UEFA) sekali lagi ingin menegaskan kembali dan sangat menekankan bahwa kompetisi seperti itu tidak akan diakui oleh FIFA atau konfederasi masing-masing."

"Setiap klub atau pemain yang terlibat dalam kompetisi semacam itu tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi apa pun yang diselenggarakan oleh FIFA atau konfederasi masing-masing. halaman 2 dari 3
"Sesuai dengan statuta FIFA dan konfederasi, semua kompetisi harus diatur atau diakui oleh badan yang relevan di levelnya masing-masing, oleh FIFA di level global dan oleh konfederasi di level kontinental."

“Dalam hal ini, konfederasi mengakui Piala Dunia Antarklub FIFA, dalam format saat ini dan yang baru, sebagai satu-satunya kompetisi klub di seluruh dunia, sementara FIFA mengakui kompetisi klub yang diselenggarakan oleh konfederasi sebagai satu-satunya kompetisi kontinental klub.

Baca Juga :


Proposal tersebut, yang muncul pada Oktober tahun lalu, dilaporkan didukung oleh raksasa Wall Street JP Morgan dan akan mencakup hadiah besar beberapa miliar pound.

Antara 16 dan 18 tim dari Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia akan diundang untuk bermain di Liga Utama Eropa mulai 2022.

Mereka akan memainkan pertandingan kandang dan tandang melawan setiap tim di liga dalam format round robin, artinya minimal 30 pertandingan, diikuti dengan kompetisi sistem gugur untuk menentukan juara. halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1614904201455

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?