Pengalaman Pemain Italia Garuda Select III Belajar Bahasa Indonesia


  •    Adil Pradipta
  •    23/01/21 - 10:00
  •    973

Lorenzo Berra (Garuda Select)
Lorenzo Berra (Garuda Select)

Sudah lebih dari satu bulan para pemain Garuda Select angkatan ketiga berlatih bersama. Termasuk dua pemain asal Italia, Lorenzo Berra dan Elia Di Giuliomaria. Bahkan mereka mulai paham beberapa kata dalam bahasa Indonesia.

Para pemain Garuda Select asal Indonesia semakin akrab dengan pemain-pemain dari negara lain. Tentunya dalam masa lockdown di Inggris membuat mereka sering menghabiskan waktu bersama saat di luar lapangan.

“Saya belajar beberapa kata seperti ‘lagi’, ‘satu’, dan ‘bagus sekali’. Kata-kata itu cukup membantu saya baik di pertandingan atau di luar lapangan,” kata Lorenzo dalam laman resmi Garuda Select.

Baca Juga :


Tak hanya bahasa, Lorenzo menjadi semakin penasaran tentang kebudayaan Indonesia. Salah satunya soal kuliner dari nusantara.

“Mereka lucu-lucu, biasanya kami menghabiskan waktu di luar lapangan dengan bermain console game atau menonton sepak bola. Jadi, kata-kata tadi memang berguna untuk komunikasi sehari-hari. Saya juga sempat bertanya tentang makanan khas dari Indonesia,” lanjutnya.

Sebaliknya para pemain Garuda Select asal Indonesia pun belajar kosakata Italia. Di antara mereka, Noval Junior, termasuk yang akrab dengan Lorenzo dan Elia.

“Saya juga tahu bahasa Italia seperti ‘mandarino’ itu artinya jeruk dan ‘aranca’ artinya oranye."

"Tidak hanya bahasa, saya juga jadi tahu kebiasaan-kebiasaan orang Italia dari mulai cara bicara, reaksi ketika takjub, dan sebagainya. Karena juga sempat tanya di Italia itu orang-orangnya seperti apa,” kata Noval.

Pertukaran budaya ini memang diharapkan terjadi antara Rafli Asrul dkk. dengan pemain asing yang berada dalam tim asuhan Dennis Wise dan Des Walker. Harapannya mereka jadi terbiasa hidup dalam suasana budaya sepak bola yang beragam.





Video Trending



Berita Terkait


1613781002528

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?