Usaha Wasit Indonesia Pertahankan Badge FIFA di Saat Kompetisi Vakum


  •    Kukuh Wahyudi
  •    29/01/21 - 11:00
  •    480

Thoriq Alkatiri dkk. berjuang untuk mempertahankan "badge" FIFA.
Thoriq Alkatiri dkk. berjuang untuk mempertahankan "badge" FIFA. (PSSI)

Kendati kompetisi Indonesia masih menggantung entah kapan bisa bergulir lagi, para pengadil lapangan berlabel wasit FIFA tetap menjalankan agenda tahunan, penyegaran wasit.

Sebanyak lima wasit dan enam asisten wasit FIFA ikut serta dalam kegiatan tes kebugaran yang diadakan oleh Departemen Wasit PSSI di Revive Bogor Pendopo 45 Resort dan lapangan Nirwana Park, Sawangan, pada 23-25 Januari 2020.

Selain menjadi kewajiban PSSI untuk mengetahui perkembangan para wasitnya, kegiatan tersebut menjadi bagian dari validasi wasit-wasit Indonesia berlisensi FIFA untuk mendapatkan "badge" wasit FIFA 2021.

Baca Juga :


"Ini penyegaran yang harus dilakukan setahun sekali. Karena sebelum memasuki pergantian tahun atau sesudahnya, Kami akan dites medical check-up, fisik, interview dan segala macam, serta kecakapan kita untuk, apa kita layak untuk (sebagai wasit) FIFA tahun berikutnya,” tutur Thoriq Munir Alkatiri, salah satu wasit yang menjadi peserta seperti dilansir dari laman PSSI.

Pasalnya, wasit yang sudah mendapatkan izin untuk memimpin laga internasional pada periode 2020 belum tentu bisa menjadi pemimpin di lapangan pada 2021 atau tahun berikutnya. Hal tersebut bisa terjadi bila saat tes kebugaran yang diselenggarakan dari PSSI maupun FIFA sang wasit tidak lulus.

"Contohnya seperti tahun 2020, kita sudah mendapatkan badge FIFA tapi tidak otomatis kita langsung mendapatkan badge FIFA lagi, kalau tidak di tes. Ketika melalui proses tes ini, ketika kita lulus, kita akan dapat badge FIFA lagi di tahun 2021,” ucap Thoriq melanjutkan. halaman 2 dari 3
Daftar 11 wasit dan asisten wasit lisensi FIFA yang mengikuti tes kebugaran:

Thoriq Al Katiri
Yudi Nurcahya
Aprisman Aranda
Fariq Hitaba
Dwi Purba Adi Wicaksono
Azizul Alimudin
Beni Andriko
Fajar Furqon
I Gede Slamet Raharja
Bangbang Syamsudar
Nurhadi





Video Trending



Berita Terkait


1618408801722

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?