Eks Kuala Lumpur FA Beri Pesan untuk Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri


  •    I Ngurah Made Wirya Darma
  •    29/01/21 - 20:30
  •    2.996

Achmad Jufriyanto saat berkarier di Kuala Lumpur FA
Achmad Jufriyanto saat berkarier di Kuala Lumpur FA (instagram/@achmad16jufriyanto)

Bek Bhayangkara FC, Achmad Jufriyanto, angkat suara mengenai fenomena pemain Indonesia yang direkrut klub luar negeri. Menurutnya, kondisi tersebut membuktikan pesepakbola Tanah Air, mempunyai kualitas yang mumpuni.

Jufriyanto menyebut banyak keuntungan bila bergabung dengan klub luar negeri. Hal tersebut bisa menjadi modal yang bagus untuk karier para pemain itu di masa depan.

Sejauh ini sudah ada beberapa pemain Indonesia yang direkrut klub luar negeri. Seperti Bagus Kahfi (FC Utrecht), Todd Rivaldo Ferre (Lampang FC), Ryuji Utomo (Penang FC), hingga Asnawi Mangkualam yang kabarnya sudah sepakat dengan klub Korea Selatan Ansan Greeners.

"Kalau ada tawaran dari luar negeri, ambil saja. Karena itu bagus buat pemain, bagus buat Indonesia juga. Nantinya bisa membawa sesuatu buat timnas," kata Jufriyanto, dilansir dari Goal Indonesia. 

Baca Juga :


halaman 2 dari 3
Lebih lanjut, Jufriyanto tidak menampik bila ada beban tersendiri yang akan didapatkan pemain Indonesia ketika merumput di luar negeri. Status legiun asing memang akan membuat sebuah tim menaruh ekspektasi tinggi terhadap pemain tersebut. 

"Harapan sebuah tim pasti pemain asing melebihi kualitas pemain lokal. Siapapun pemainnya yang main di luar sebagai pemain asing pasti sudah tahu itu," ucapnya.

"Jadi itu sebenarnya bukan sebuah beban, tapi itu sebuah keharusan. Sudah seharusnya setiap pertandingan memberikan yang terbaik, lebih dari pemain lokal," sambungnya. 

Terkait kendala bahasa, Jufriyanto mengingatkan hal tersebut harus mampu diatasi dalam waktu cepat. 

"Saya jadi tahu caranya berkomunikasi dengan pemain asing. Ternyata menjadi pemain asing itu sulit karena dituntut lebih baik dari pemain lokal," ujarnya.

Achmad Jufriyanto sempat membela klub Malaysia Kuala Lumpur FA pada 2018. Namun, kariernya disana hanya bertahan satu tahun. Setelah itu ia memutuskan kembali ke Indonesia untuk gabung dengan Persib Bandung.
halaman 3 dari 3


Andriyana "The Sniper" - Goals, Assists And Skills!






Video Trending



Berita Terkait


1614911402346

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?