Media Korea Selatan Ikut Soroti Banyaknya Pemain Indonesia yang Berkarier ke Luar Negeri


  •    I Ngurah Made Wirya Darma
  •    11/02/21 - 20:00
  •    15.330

Asnawi Mangkualam (kiri) jadi salah satu pemain Indonesia yang direkrut klub luar negeri
Asnawi Mangkualam (kiri) jadi salah satu pemain Indonesia yang direkrut klub luar negeri (instagram/@Asnawi_bhr)

Media Korea Selatan, Interfootball ternyata diam-diam menyoroti migrasi besar-besaran pemain Indonesia ke sejumlah klub di luar negeri.

Sorotan itu datang terutama setelah kabar kedatangan Asnawi Mangkualam ke Ansan Greeners ramai diberitakan, baik oleh media Indonesia maupun Korea Selatan.

Baca Juga :


Dalam pemberitaannya, Interfootball menyebut bahwa banyaknya pemain Indonesia yang melanjutkan karier ke luar negeri bisa dibilang sebagai representasi keingian sepakbola Asia Tenggara untuk berkembang.

"Asia Tenggara yang selama ini sepakbolanya tertinggal baru-baru ini menunjukkan semangat untuk berkembang," tulis Interfootball. 

"Vietnam dan Indonesia adalah contohnya. Kedua negara itu punya kesamaan dalam hal pelatih timnas yang sama-sama berasal dari Korea Selatan."
halaman 2 dari 3
"Di Indonesia, mantan pelatih timnas Korea Selatan Shin Tae-yong sedang memegang tuas kendali."

"Meski belum menghasilkan prestasi karena Covid-19, (kehadiran Shin Tae-yong) berpengaruh pada perkembanan sejumlah pemain. Misalnya Asnawi Mangkualam yang dilatih Shin Tae-yong bergabung dengan Ansan Greeners FC," tutup Interfootball.

Baca Juga :


Periode 2020-2021 memang bisa dikatakan sebagai tahun terbaik dalam sejarah sepakbola Indonesia. Dalam periode tersebut, terjadi migrasi besar-besaran pemain asal Indonesia ke sejumlah klub di luar negeri.

Mulai dari Brylian Aldama yang bergabung ke HNK Rijeka (Kroasia), Todd Rivaldo Ferre ke Lampang FC (Thailand), Syahrian Abimanyu ke Newcaster Jets (Australia), hingga Bagus Kahfi yang direkrut FC Utrecth (Belanda).

Terbaru, pemain Bhayangkara Solo FC, Saddil Ramdani, tengah mempersiapkan diri untuk berangkat ke Malaysia guna bergabung dengan Sabah FC.
halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1617501602391

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?