Hansi Flick Satu-satunya Pelatih yang Miliki Gelar Piala Dunia dan Piala Dunia AntarKlub


  •    Kukuh Wahyudi
  •    12/02/21 - 18:00
  •    30.448

Hansi Flick, pelatih Bayern Munchen.
Hansi Flick, pelatih Bayern Munchen. (FIFA)

Dengan membawa Bayern Munchen memenangkan gelar Piala Dunia Antarklub FIFA, pelatih Hansi Flick tidak hanya membuat sejarah bersama Munchen, yaitu menyamai rekor enam gelar Barcelona.

Tapi, dia pun mencetak sejarah bagi dirinya. Pelatih berusia 55 tahun itu menjadi orang pertama yang memenangkan gelar Piala Dunia Antarklub (sejak 2000) dan Piala Dunia.

Bedanya, saat di Piala Dunia ia berstatus sebagai asisten Joachim Low di Jerman. Mereka berhasil membawa tim besutannya menjadi juara Piala Dunia 2014.

"Mereka telah menyelesaikan prestasi bersejarah, mereka telah memenangkan enam gelar dalam satu musim. Bahkan untuk klub sukses yaitu FC Bayern München, ini adalah musim yang paling sukses. Tim bermain dengan luar biasa. Kemenangan tidak pernah dalam bahaya, kami mendominasi. dan pantas memenangkan final," kata Flick di laman resmi FIFA.

Sebagai pelatih, jalan awal Flick adalah setelah dirinya ditunjuk sebagai asisten Low di Jerman usai Piala Dunia 2006. Duet tersebut membentuk duo yang harmonis meskipun Flick tidak menonjolkan diri di depan umum. Tapi, di internal tim pelatih dia bekerja secara independen di banyak bidang.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Bagi dunia luar, ini menjadi sangat jelas di Piala Dunia 2014, yaitu saat dirinya bersikeras untuk melatih skema set-piece di timnas Jerman untuk berlaga di Brasil.

"Kami ingin menekankan nilai bola mati lagi, terutama di turnamen yang sangat ekstrim," kata Flick saat itu, setelah meminta saran dari para ahli bola mati di Bundesliga.

Jerman akhirnya mencetak empat gol dari tendangan bebas atau sudut, termasuk gol penyama skor 2-2 dalam pertandingan grup melawan Ghana. Setelah itu see-piece berkontribusi dalam satu-satunya gol di pertandingan perempatfinal melawan Prancis, dan gol pembuka yang sangat penting di semifinal melawan Brasil.

Menyusul kemenangan itu, Flick bekerja sebagai ofisial di DFB dan tim Bundesliga 1899 Hoffenheim sebelum bergabung dengan Bayern sebagai asisten Niko Kovac untuk musim 2019/20.

Ketika ia menggantikan Kovac sebagai pelatih kepala pada November 2019, itu adalah awal dari periode kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk 32 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi, serta kejayaan di Bundesliga, Piala DFB, Liga Champions UEFA, UEFA Piala Super, Piala Super DFL, dan terbaru di Piala Dunia Klub FIFA.





Video Trending



Berita Terkait


1618371002805

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?