Pemain Jepang Eks Bintang Timur Surabaya Umumkan Gantung Sepatu


  •    Rissalah Maulana
  •    13/02/21 - 16:30
  •    1.905

tomoaki watanabe
tomoaki watanabe

Pemain futsal senior asal Jepang, Tomoaki Watanabe mengumumkan pensiun sebagai pemain dari dunia olahraga yang telah membesarkannya tersebut.

Watanabe sendiri melakukan debutnya di F-League, kompetisi futsal tertinggi di Jepang pada tahun 2009 sebagai pemain Stella Migo Iwate Hanamaki. Setelah bermain selama dua musim, ia tampil di Nagoya Oceans pada tahun 2011. Ia berkontribusi pada empat gelar liga hingga akhirnya hengkang ke Tachikawa Fuchu Athletic FC pada tahun 2015.

Pada musim 2017/2018, ia mencetak 45 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak liga, menandai total 200 gol dalam 321 pertandingan dalam 12 musim.

Torehan tersebut membuat Bintang Timur Surabaya tertarik meminangnya. Sayangnya, kiprahnya di Indonesia pada putaran kedua Pro Futsal League 2018 tak berlangsung mulus. Watanabe gagal menunjukan performa dan hanya mencetak dua gol. Dia juga gagal membawa BTS lolos ke final four saat itu.

Baca Juga :


Selain memperkuat BTS, Watanabe juga sempat tampil untuk klub China, Shenzen Nangling.

"Setelah lulus kuliah, saya menjadi pemain F-League, dan selama 12 tahun sejak saya berdiri di panggung ini, waktu yang lama dan singkat saya sebagai pemain futsal benar-benar terpenuhi," kata Watanabe dalam pengumumannya.

"Tidak hanya F League, tetapi juga di China, Indonesia, dan Jepang, saya pergi ke banyak negara dan memiliki pengalaman yang tak tergantikan, yang merupakan aset besar bagi hidup saya."

Namun dia masih memiliki beberapa laga sisa bersama Fuchu, salah satunya adalah All Japan Championship yang merupakan piala liga futsal Jepang.

Watanabe diketahui bakal pensiun untuk fokus melanjutkan jenjang pendidikannya.


Asisst Coach Wahyu Bewe Bawa Brandon Menang Tipis atas Holiday FC! | King of Field






Video Trending



Berita Terkait


1616824589356

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?