Ini Menu Makanan Juara Dunia, Seratus Persen Sehat?


  •    Widya Amelia
  •    16/02/21 - 12:20
  •    525

Viktor Axelsen (BWFBadminton.com)
Viktor Axelsen, tunggal putra Denmark. (BWFBadminton.com)

Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen membeberkan rahasia pola makan dan asupan nutrisinya. Lewat unggahan video di akun Youtube miliknya, Axelsen mengungkapkan kalau ia menerapkan pola makan sehat demi menunjang performanya sebagai atlet profesional.

Hal pertama yang menjadi perhatiannya adalah jenis makanan dan kualitas makanan tersebut. Pemain rangking dua dunia ini mengatakan hampir 95 persen makanan yang ia makan adalah makanan sehat yang penuh nutrisi dan serat.

“Pilih makanan utuh dengan kualitas yang baik. Kalau mampu bisa beli yang organik, kalau tidak, makanan lokal juga oke. Saya banyak makan berbagai jenis sayur, serat itu sangat penting,” tutur juara All England 2020 ini.

Baca Juga :


Axelsen pun bercerita tentang perjalanan panjangnya menuju pola makan sehat. Di usia muda, ia mengaku tidak terlalu memperhatikan asupan nutrisi, namun lama kelamaan ia menyadari betapa pentingnya pola makanan sehat bagi seorang atlet.

Peraih medali perunggu tunggal putra Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini sering melakukan riset kecil dan bereksperimen menerapkan beberapa pola makan, diantarnya menjadi vegan.

“Pola diet vegan tidak cocok untuk saya. Saya tidak mendapat cukup energi dan sumber protein saya jadi terbatas. Untungnya saya punya ahli gizi yang membantu saya menemukan pola diet yang cocok,” ujar Axelsen.

Baca Juga :


Axelsen adalah pecinta oatmeal, saat berangkat ke sebuah turnamen, ia bisa membawa hingga dua kg oatmeal. Dikatakan sang ahli gizi, Sean Casey, Axelsen memang sangat menyukai oatmeal. Biasanya ia makan oatmeal sebelum dan sesudah bertanding. Oatmeal menjadi pilihan Axelsen untuk asupan karbohidrat yang ternyata sangat penting di masa pemulihan setelah bertanding.

Selain oatmeal, Axelsen juga selalu membawa bubuk protein yang bagus untuk otot dan suplemen probiotik untuk menjaga kesehatan ususnya.

Namun sang Juara Dunia 2017 ini percaya bahwa keseimbangan adalah kunci. Ia mengaku di akhir pekan masih makan makanan yang kurang sehat.

“Saya manusia biasa, kadang saya juga makan makanan yang kurang sehat. Saya bukan orang suci. Saya suka cheese cake. Saya juga suka sushi, kadang saya makan kue atau es krim setelah makan sushi,” ungkap Axelsen.

Ia menjelaskan bahwa sebagai atlet, sesekali makan makanan yang tidak sehat di akhir pekan tidak akan merusak program diet. Atlet pun boleh makan lebih banyak karena mereka membakar banyak kalori saat latihan dan pertandingan. Namun perlu diingat, Axelsen juga menyesuaikan makanannya jika tidak ada latihan dengan intensitas tinggi. Ia memilih banyak makan yang mengandung protein seperti salad sayuran dan ikan salmon.

“Sekitar 90-95 persen makanan saya adalah makanan sehat, saya cukup strict dalam urusan ini,” lanjutnya.

Axelsen mengatakan bahwa ia tak punya buku bacaan khusus mengenai pola makan, namun buku Paleo Diet for Athletes menjadi sumber filosofi yang paling sering diikutinya. Bapak satu anak ini juga sangat senang membaca, salah satunya mengenai nutrisi. Lewat membaca, ia mendapat banyak referensi dan pelajaran yang bermanfaat untuk mendukung karir bulutangkisnya. halaman 2 dari 2






Video Trending



Berita Terkait


1613533202383

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?