Persiapkan Hari Tua, Ini Dia Bentuk Investasi Ala Hendra Setiawan dan Anthony Ginting


  •    Nafielah Mahmudah
  •    17/02/21 - 12:20
  •    42.877

Hendra Setiawan (Badmintonindonesia.org/Nafielah Mahmudah)
Hendra Setiawan (Badmintonindonesia.org/Nafielah Mahmudah)

Tak hanya fokus pada prestasi, atlet bulutangkis Indonesia juga mulai melek finansial. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan hari tua mereka setelah pensiun sebagai atlet.

Besarnya hadiah, bonus dan nilai sponsor masing-masing mulai dialihkan untuk tabungan masa depan. Ada yang mulai membangun bisnis pribadi, ada juga yang pula yang mulai berinvestasi.

“Melek finansial itu paling penting ya. Karena atlet main paling waktu produktifnya 10 tahun. Jadi dalam waktu itu, nabung dulu. Boleh senang-senang, tapi harus ingat buat masa setelah pensiun. Jangan sampai dihabisin sekarang, besoknya nggak bisa apa-apa. Intinya nabung dulu,” ujar Hendra Setiawan kepada Bolalob.

Baca Juga :


“Apalagi usia produktif atlet beda, berbanding terbalik sama profesi pada umumnya. Kalau atlet, makin tua makin kecil penghasilannya. Sementara yang lain kan mungkin tambah usia jabatannya naik, tambah penghasilan. Jadi selagi muda dan bisa berpenghasilan, harus dikelola dengan baik. Karena kalau tua kan nggak mungkin main lagi. Atau mungkin masih main, tapi penghasilannya nggak sebanyak saat menjadi atlet,” kata Anthony Sinisuka Ginting dalam waktu yang berbeda.

Untuk masalah pengelolaan keuangan, Hendra turun tangan sendiri. Ia mulai berinvestasi pada properti, tanah dan bisnis indekos.

“Mulai investasi beberapa. Saya juga coba bikin kost-kostan, tapi baru sedikit. Masih belajar lah. Sama tabungan juga penting, dana darurat untuk berjaga-jaga,” ujar Hendra. halaman 2 dari 2
Lain halnya dengan Hendra, Anthony justru melibatkan tenaga professional untuk berkonsultasi mengenai pengelolaan keuangannya. Ia mengaku cukup berhati-hati dalam memilih platform investasi. Anthony juga kini mengatakan sedang belajar untuk terjun ke pasar modal.

“Sempat juga konsultasi sama financial planner. Sekarang masih belajar investasi pelan-pelan. Belajar saham juga. Saya juga ngobrol ke sesama atlet. Ke Rian (Muhammad Rian Ardianto) sama Fajar (Alfian) juga. Nanya mereka duitnya dikemanain."

Baca Juga :


"Kebanyakan atlet kan larinya ke properti, beli rumah di Jakarta dan sebagainya. Tapi kalau saya belum mau beli rumah, karena kan sekarang juga masih di asrama. Belum butuh lah. Kalau orangtua datang sesekali, mending ke hotel atau sewa apartemen saja beberapa hari. Keluarga nggak sering juga ke Jakarta, jadi kebutuhan rumah belum urgent. Paling di Bandung beli tanah saja,” jelas Anthony.

“Belajar dari kesalahan orang-orang, saya harus persiapkan masa depan lebih matang. Dari keluarga juga support buat investasi dan ditabung. Mereka mengingatkan untuk jangan kebuang sia-sia uangnya,” pungkas Anthony.





Video Trending



Berita Terkait


1617664961362

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?