Eks Timnas U-19 Pilih Pensiun Dini dan Rajin Ikut Kursus Kepelatihan


  •    Kukuh Wahyudi
  •    22/02/21 - 17:30
  •    72.402

Rajendra, eks timnas U-19 B kini fokus jadi pelatih.
Rajendra, eks timnas U-19 B kini fokus jadi pelatih. (instagram/@rajendraahmad)

Menggeluti karier kepelatihan tak mesti dimulai saat sudah melewati usia emas sebagai atlet. Dari umur lebih muda pun justru lebih bagus.

Seperti yang tengah dijalani Ahmad Rajendra. Di usia yang baru menginjak 25 tahun, dirinya sudah rajin ambil lisensi kepelatih yang diadakan PSSI.

Dimulai dengan lisensi D nasional pada 2019, lisensi C nasional pada 2020, kini dirinya sudah ambil bagian dalam kursus kepelatihan B PSSI di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu.

Nama Jendra sebenernya tak asing di lingkup timnas. Ia tercatat pernah menjadi penggawa timnas U-19 di Piala AFF U-19 Preparatory 2014 besutan Ruddy Keltjes.

Kala itu, timnas U-19 tersebut disebut timnas U-19 B. Timnas U-19 utama yang dilatih Indra Sjafri sedang mengikuti pemusatan latihan di Eropa.

Di timnas, Jendra satu tim dengan Febri Hariyadi. Kemudian di level klub, setelah sempat berpetualang ke Arema junior, PSGC Ciamis, dan Persis, Jendra memilih untuk pensiun dini saat usia 22 tahun pada 2018.

Baca Juga :


Cedera lutut yang didapat kala membela PSGC menjadi penyebab utamanya. Setelah pulih dari cedera ia merasa sulit kembali ke performa terbaiknya.

Setelah itu, Jendra fokus melatih anak-anak usia dini. Bahkan kini ia dikontrak oleh SSB Bank Sulselbar untuk menangani tim U-12.

"Saya ditugaskan oleh manajemen untuk menangani pemain usia dini. Saya diberi tanggung awab untuk memberikan dasar sepak bola kepada mereka sesuai kurikulum filosofi sepak bola Indonesia (filanesia)," tutur Jendra.

"Saya bertekad terus meningkatkan kemampuan dan ilmu sebagai pelatih. Apalagi manajemen Bank Sulselbar FC memberikan saya kesempatan untuk mengikuti jenjang kepelatihan yang lebih tinggi," ucapnya melanjutkan. halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1614744003236

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?