8 Pemain Muda Berkarir di Luar Negeri, Indonesia Dinilai Mampu Mengubah Krisis Menjadi Peluang


  •    Rizka Perdana Putra
  •    24/02/21 - 15:30
  •    23.814

Bagus Kahfi
Bagus Kahfi (FC Utrecht)

Fenomena pemain muda Indonesia ke luar negeri mendapat sorotan dari media Thailand Siam Sport. Indonesia dinilai mampu mengambil sisi positif dari krisis yang dialami.

Berbeda dengan beberapa negara Asia Tenggara lain, Indonesia sampai saat ini masih belum memulai kompetisi sepak bolanya. Total, hampir satu tahun lamanya para pemain Indonesia tidak merasakan persaingan kompetitif di lapangan.

Namun, di tengah ‘krisis’ tersebut, Indonesia dinilai mampu mengambil peluang. Banyak pemain muda Indonesia yang akhirnya memilih berkarir di luar negeri. Fenomena tersebut mendapat perhatian media Thailand.

“Konfederasi Sepak Bola Indonesia dan klub-klub lokal telah mengubah krisis menjadi transformasi dengan mengirimkan sejumlah besar pemain muda ke sepakbola asing dengan harapan bisa aktif di tim nasional,” tulis Siam Sport

“Masa depan yang bagus bagi para pemain ini, beberapa sudah tampil di tim nasional senior di bawah pengawasan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong.”

Baca Juga :


Siam Sport lalu menyebut delapan nama pemain muda Indonesia yang berkarir di luar negeri. Ketujuh pemain tersebut berusia tidak lebih dari 23 tahun.

Dua nama pertama adalah Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk) dan Witan Sulaeman (Radnik Surdulica). Keduanya sudah bergabung klub Eropa sebelum pandemi Covid-19 melanda. 

Selain itu ada nama pemain keturunan Indonesia-Inggris, Elkan Baggott (Ipswich Town). Tumbuh dan besar di lingkungan sepak bola Inggris membuat Elkan cukup menonjol di Timnas U19 Indonesia.

Sedangkan lima nama terakhir sama-sama baru pindah ke luar negeri pada bursa transfer musim dingin tahun ini. 

Mereka adalah Brylian Aldama (HNK Rijeka), Bagus Kahfi (FC Utrecht), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Tazim/Newcastle Jets) dan Todd Rivaldo Ferre (Lampang FC).

Tidak adanya kompetisi di Indonesia, tampaknya membuat kelimanya tidak ragu untuk menerima tawaran bermain dari klub luar negeri.

halaman 2 dari 2


Terakhir diubah:  28/02/21 - 20:43






Video Trending



Berita Terkait


1626687001572

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?