Empat Pebulutangkis Ini Giat Belajar Bahasa Asing


  •    Widya Amelia
  •    24/02/21 - 11:40
  •    935

Greysia Polii dan Chang Ye Na, pemain ganda putri Korea.(Instagram @GreysPolii)
Greysia Polii dan Chang Ye Na, pemain ganda putri Korea.(Instagram @GreysPolii)

Tidak cuma tekun latihan bulutangkis, empat atlet ini ternyata juga rajin belajar bahasa asing. Di tengah situasi pandemi, keempat pebulutangkis ini memanfaatkan waktu untuk mengasah kemampuan mereka dalam berbahasa asing. Siapa saja mereka?

Viktor Axelsen



Pemain asal Denmark ini sebetulnya sudah sejak 2014 belajar bahasa Mandarin, namun selama lockdown ia mengaku memanfaatkan waktunya untuk memperlancar bahasa Mandarin. Seperti dilansir situs resmi Olimpiade Tokyo 2020, Axelsen merasa banyak manfaat yang ia dapat dari belajar bahasa Mandarin, salah satunya adalah ia bisa berkomunikasi dengan pemain dari China dan belajar dari mereka.

Axelsen juga mengakui jika kemampuannya berbahasa Mandarin membuka peluang untuk sponsor. Axelsen bisa menjangkau banyak fans di China yang merupakan salah satu negara bulutangkis terkuat di dunia. Setelah mengalahkan Lin Dan dan merebut medali perunggu di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Axelsen menjawab pertanyaan stasiun televisi China Central Television dengan bahasa Mandarin yang lancar dan video ini pun viral di China.

Axelsen kini punya lebih dari 436 ribu pengikut di Weibo, salah satu platform sosial media di China. Di kalangan fansnya di China, Axelsen lebih dikenal sebagai An Sai Long, nama yang diberikan guru bahasa Mandarin Axelsen, nama ini memiliki arti naga kompetitif yang kalem. halaman 2 dari 3
Mathias Christiansen



Ketika pandemi melanda, Mathias Christiansen sempat kebingungan mengisi waktu luangnya. Akhirnya ia memutuskan untuk belajar bahasa Indonesia. Ramainya pemberitaan dan update terbaru dari dunia bulutangkis di kalangan fans Indonesia membuat pemain asal Denmark ini tertarik untuk mengerti bahasa Indonesia. Christiansen juga ingin lebih dekat dengan fans bulutangkis di Indonesia yang menurutnya sangat fantastis dan sangat mencintai bulutangkis.

Selama pandemi, selain latihan, belajar bahasa Indonesia menjadi salah satu rutinitas yang dijalani Christiansen setiap hari. Ia sempat unjuk kemampuan saat menjawab wawancara media di turnamen Denmark Open 2020 lalu. Kepada Badminton TV, Christiansen mengatakan bahwa ia butuh waktu setengah tahun lagi untuk lancar berbahasa Indonesia. Ia mengatakan semoga di Indonesia Open 2021 nanti ia bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia.

Tai Tzu Ying

Tai Tzu Ying (sumber : Instagram @tai_tzuying)


Ratu bulutangkis Taiwan, Tai Tzu Ying sempat berjanji kepada fansnya untuk lebih sering berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Hal ini disampaikannya pada Oktober tahun lalu. Beberapa bulan kemudian di ajang Yonex Thailand Open 2021, Tai membuktikan ucapannya dengan menjawab pertanyaan media dalam bahasa Inggris.

Tai mengikuti kelas online bahasa Inggris seminggu sekali, dengan durasi belajar selama satu jam. Namun ia terpaksa absen belajar selama bertanding di turnamen karena waktunya tersita untuk mempersiapkan diri jelang pertandingan.

Alasan utama Tai ingin fasih berbahasa Inggris karena ia ingin berinteraksi dengan para fansnya, juga untuk menghindari kesalahpahaman dari penerjemah.

“Saya mau berbahasa Inggris dengan cara saya dan gaya saya sendiri sehingga saya bisa merasakan berinteraksi dengan penggemar. Kadang saat dibantu penerjemah, beberapa pesan kuncinya tidak sepenuhnya tersampaikan,” ujar Tai di situs resmi Badminton World Federation (BWF). halaman 3 dari 3
Greysia Polii



Pemain ganda putri ini menyimpan keinginan belajar bahasa Korea sejak lama, bahkan sebelum demam KPop dan KDrama melanda Indonesia. Sejak bersahabat dekat dengan pebulutangkis Korea, Chang Ye Na, Greysia lebih semangat belajar bahasa Korea.

Greysia ingin berkomunikasi dengan kedua orangtua Ye Na yang sudah dianggap sebagai orangtuanya sendiri. Apalagi kedua orangtua Ye Na tidak bisa berbahasa Inggris. Ye Na sangat mendukung Greysia, ia membelikan buku-buku berbahasa Korea supaya Greysia lebih lancar berbahasa Korea. Ye Na pun juga belajar bahasa Inggris.

Awalnya Greysia belajar sendiri secara online, namun sahabatnya yang juga penyanyi kenamaan Agnez Mo, kini juga belajar bahasa Korea.

“Agnez semangat banget mau belajar bahasa Korea, dia cari guru dan ajak saya, akhirnya teman-teman dan keluarga kami juga ikut, ha ha ha. Kita belajar bersama setiap hari Rabu dan Sabtu,” kata Greysia kepada Bolalob.

Selain bahasa Korea, Greysia juga tertarik berbahasa Mandarin dan Jepang. Namun akhirnya ia memilih untuk mendalami bahasa Korea. Greysia mengatakan dari dulu memang punya mimpi untuk menguasai beberapa bahasa asing.





Video Trending



Berita Terkait


1615131001812

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?