Markis Kido: Rindu Bertanding dan Kagumi Hendra Setiawan


  •    Nafielah Mahmudah
  •    08/03/21 - 15:20
  •    3.494

Markis Kido (Bolalob.com/Nafielah Mahmudah)
Markis Kido (Bolalob.com/Nafielah Mahmudah)

Nama Markis Kido pernah menjadi kekuatan ganda putra Indonesia pada masanya. Bersama Hendra Setiawan, Kido menjadi juara dunia tahun 2007 dan meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008. Pada tahun 2010, Kido/Hendra juga sukses merebut medali emas di Asian Games yang berlangsung di Guangzhou, China.

Kini Kido telah gantung raket. Meski begitu kegiatannya masih tak jauh dari lapangan bulutangkis. Ia saat ini menjadi pelatih ganda putra U-15 dan U-17 di klub yang membesarkan namanya, PB Jaya Raya.

“Sekarang kesibukannya melatih aja di Jaya Raya. Kalau main cuma buat hobi aja, jaga-jaga kondisi. Tapi untuk turnamen sih sudah enggak,” kata Kido kepada Bolalob.

Baca Juga :


Memiliki tanggung jawab sebagai pelatih, menjadi pengalaman yang berbeda buat Kido. Ia kini harus mengatur program latihan dan menjaga kondisi para atlet.

“Pastinya beda dengan menjadi atlet dulu. Ada tanggung jawab buat menjaga atlet muda. Biasanya dulu tinggal latihan, sekarang justru saya yang harus mengatur program latihan buat atlet,” kata Kido. halaman 2 dari 2
Tak lagi aktif bermain di turnamen, diakui Kido kadang membuatnya rindu pertandingan. Namun cedera yang dialami Kido, membuatnya kini memilih mundur sebagai pemain profesional.

“Pengen main lagi sih enggak ya, karena kan kondisi atlet beda-beda, sudah banyak cedera juga. Tapi kalau kangen sih pasti. Seru kan main di lapangan. Apalagi lihat Hendra masih main, salut lah. Sudah umur segitu dia masih sehebat itu. Nggak banyak orang yang bisa seperti Hendra,” ungkap Kido.

Baca Juga :


Kido/Hendra berpasangan sejak masih di klub Jaya Raya, sebelum bergabung di Pelatnas PBSI tahun 2002. Mereka pun banyak menjalani pasang surut kehidupan sebagai atlet profesional. Sebagai pasangan ganda putra, mereka banyak mengantongi gelar bergengsi. Kido/Hendra juga pernah menjadi rangking satu dunia di tahun 2007. Keduanya akhirnya sepakat berpisah pada tahun 2012.

Kido sempat berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, sementara Hendra dengan Mohammad Ahsan. Hendra kini masih aktif bermain, terus mengoleksi gelar juara dan kini menjadi pemain rangking dua dunia.





Video Trending



Berita Terkait


1617754802252

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?