Cerita Pemain Keturunan Sandy Walsh Tertarik Bela Timnas Belanda, Irlandia dan Indonesia


  •    Rizka Perdana Putra
  •    19/03/21 - 17:00
  •    2.489

Sandy Walsh
Sandy Walsh (Twitter @SandyWalsh_)

Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh berambisi untuk membela tim nasional suatu negara. Setelah peluang membela Belanda hampir pupus karena ketatnya persaingan, pemain 26 tahun itu bicara peluang membela Irlandia dan juga Indonesia.

Sandy Walsh lahir di Brussel, Belgia. Ayahnya, Garry Walsh, merupakan seorang keturunan Irlandia dan Swiss yang lahir di Inggris. Sedangkan sang ibu, Brigitta Portier, adalah warga Belanda yang memiliki keturunan Indonesia.

Praktis, Walsh sebenarnya punya peluang untuk memperkuat tim nasional enam negara. Selain Belgia, tempatnya dilahirkan, ia juga bisa membela Belanda, Inggris (negara orang tua) serta Irlandia, Swiss dan Indonesia (negara kakek nenek).

Diantara keenam negara tersebut, membela tim senior Belanda sebenarnya menjadi impian terbesar Walsh. Apalagi, ia sudah bermain untuk Belanda dari level U-15 hingga U-20.

Pemain berposisi bek kanan itu bahkan ikut mengantarkan Timnas Belanda memenangkan Kejuaraan Eropa U-17 musim 2011/12. Namun, persaingan ketat di Timnas Belanda membuatnya memilih opsi lain.

Baca Juga :


“Saya selalu ingin bermain di level internasional dan saya bermain untuk Belanda. Itu pilihan yang mudah saat itu karena satu-satunya paspor yang saya miliki adalah Belanda,” kata Walsh kepada The Irish Sun

"(Tapi) sekarang saya harus sedikit lebih realistis tentang negara mana saya bisa bermain.”

halaman 2 dari 3
Irlandia kemudian menjadi salah satu opsi. Akan tetapi, selama hampir sembilan tahun berkarir di sepak bola, ternyata hanya Indonesia yang menghubungi Walsh. Sayang, sampai saat ini masih belum ada tindak lanjut dari federasi Indonesia.

“Ketika saya bermain melawan Cork City, ada pertanyaan tentang saya dan Irlandia. Setelah diperiksa saya ternyata memenuhi syarat (bela Irlandia). Saya pikir para pelatih datang untuk menonton saya tetapi sejak itu mereka tidak pernah menghubungi saya.

"Satu-satunya tim nasional yang menghubungi saya adalah Indonesia dan, di satu sisi, itu hampir menjadi pilihan saya.

“Tapi saya adalah seseorang yang selalu mendengarkan dan mempertimbangkan berbagai hal. Jadi, jika ada pilihan lain, saya akan meninjau dan membicarakannya dengan keluarga saya.”

Namun, Walsh sadar jika membela Irlandia juga tidak mudah. Saat ini, dua bek kanan terbaik Irlandia yaitu Seamus Coleman dan Matt Doherty sama-sama berkarir di Liga Premier Inggris. 

Baca Juga :


“Tentu saja, mereka telah bermain di Liga Premier. Akan sulit untuk menggantikannya.

“Tapi akan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk belajar dari mereka, pengalaman yang mereka miliki dan menjadikan diri saya pemain yang lebih baik.”

Meski kalah pengalaman, Walsh memiliki satu keunggulan dibanding Coleman dan Doherty, yaitu berusia lebih muda. Coleman saat ini berusia 32 tahun sedangkan Doherty 29 tahun.

Walsh punya peluang mencuri satu tempat di Timnas Irlandia andai dua pemain tersebut pensiun di masa yang akan datang. Atau, jika panggilan dari Eropa tak kunjung datang, Timnas Indonesia bisa menjadi pelabuhan yang tepat bagi penggemar nasi goreng itu.
halaman 3 dari 3


Terakhir diubah:  22/03/21 - 00:37






Video Trending



Berita Terkait


1623437487973

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?