Dari Teknis Hingga Non Teknis, Pelatih Ungkap Penyebab Kekalahan Chico


  •    Widya Amelia
  •    25/03/21 - 15:34
  •    9.716

Chico Aura Dwi Wardoyo (Badminton Photo)
Chico Aura Dwi Wardoyo (Badminton Photo)

Chico Aura Dwi Wardoyo harus terhenti di babak kedua Orleans Masters 2021 dari pemain India, Chirag Sen. Dalam dua game langsung, dengan skor 13-21, 12-21, Chico takluk dan gagal melangkah ke perempat final. 

Dari segi teknik permainan, Chico dinilai masih kalah inisiatif menyerang. Sementara Sen punya permainan depan yang cepat dan lebih banyak variasi. 
 
"Chico antisipasinya kurang cepat dan kalah inisiatif. Jadi tidak banyak dapat posisi menyerang," ujar Harry Hartono, pelatih tunggal putra PBSI yang mendampingi Chico di Orleans. 

Seperti dilansir situs Badmintonindonesia.org, Harry telah memberi instruksi agar Chico mengubah pola permainan, namun ini tidak dapat dijalankan oleh Chico. 

"Saat harus mengubah pola untuk bermain lebih ulet dan mengontrol, Chico juga kurang tenang dan kurang bisa menggunakan stroke mainnya. Sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri," papar Harry.

Tak hanya punya kendala teknik, mental bertanding Chico pun disinggung Harry.Penampilan Chico yang cukup baik di home tournament tahun lalu ternyata tak dapat dijadikan patokan karena Chico berhadapan dengan teman sendiri yang sudah ia kenali gaya permainannya. 

“Di turnamen internasional, atlet harus lebih siap dari mental, pikiran, dan latihannya. Karena lawannya dari negara lain yang punya pola main dan teknik yang berbeda, ini harus diantisipasi dan dipelajari,” pungkas Harry.

Dengan hasil ini, Chico juga gagal memenuhi target pelatih yang mematok babak semifinal. Kekalahan Chico membuat Indonesia kehabisan wakil tunggal putra di turnamen level super 100 ini. 








Video Trending



Berita Terkait


1616502002072

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?