Bukan Taktik, Ini Kunci Keberhasilan Black Steel di Final Four dan Juara PFL 2020


  •    Rissalah Maulana
  •    30/03/21 - 19:29
  •    2.397

black steel manokwari
black steel manokwari (foto: bolalob)

Black Steel Manokwari sukses meraih gelar juara keduanya di Pro Futsal League. Pada final musim 2020, Minggu (28/3) lalu, Black Steel berhasil menaklukan SKN FC Kebumen.

Hat-trick Evan Soumilena di laga ini mewarnai kemenangan dengan skor 6-2 atas SKN. Pasukan asal Papua Barat tampil percaya diri bukan hanya di laga final, tetapi di semifinal sebelumnya saat mereka menang tipis 3-2 atas Bintang Timur Surabaya.

Menurut pelatih Rakhpol Saitnengam, kunci keberhasilan Black Steel yang utama bukanlah taktik yang diberikannya, melainkan dari kemauan dari para pemain untuk bisa memberikan gelar juara.

Baca Juga :


"Taktik tidak terlalu penting di final four. Mereka punya hati yang bersih, kemauan untuk bermain dan menang. Yang terpenting adalah bagaimana mereka tampil percaya diri. Itu kunci utamanya," kata pelatih asal Thailand tersebut.

Rakhpol yang akrab disapa Hamee menyebut taktik dan teknis di pertandingan tak berperan banyak karena sejak fase grup para pemain telah bisa melakukannya dengan baik apa yang diarahkannya.

"Saya selalu tekankan, sebelum final four, sebelum final, bahwa yang terpenting adalah percaya diri. Kemauan dari hati yang terdalam untuk membela Black Steel dan nama Papua," ujarnya.

Ini merupakan kiprah manis Hamee juga sebagai pelatih Thailand pertama di musim perdana yang sukses meraih gelar juara.

Sementara Black Steel juga sukses menggondol gelar individu yaitu pemain terbaik yang diboyong oleh Evan Soumilena.


Pilih Sepatu Futsal Jangan Cuma MAHAL! | WAHSABI






Video Trending



Berita Terkait


1617263402202

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?