Presiden BWF Sejalan dengan Usulan PBSI Soal Perubahan Skor Pertandingan


  •    Kukuh Wahyudi
  •    05/04/21 - 06:20
  •    2.544

Ilustrasi BWF.
Ilustrasi BWF. (bwfbadminton.com)

Selain adanya pemilihan tiga pejabat eksekutif BWF, yaitu Presiden BWF, Wakil Presiden BWF, dan Wakil Presiden BWF Para Bulutangkis, dalam Annual General Meeting (AGM) pada 22 Mei 2021, ada satu agenda lain yang sangat menarik. 

Adalah pembahasan perubahan skor yang dimaksud. Indonesia lewat PBSI dan Maladewa mengusulkan adannya perubahan perhitungan dari awalnya 3 x 21 menjadi 5 x 11.

Sebenarnya, usulan itu bukan barang baru. Di AMG 2018 usulan itu pun telah masuk agenda.

Dari 252 suara yang diberikan saat itu, 129 mendukung perubahan sistem penilaian. Suara mayoritas dua pertiga (⅔) yang diperlukan untuk lulus proposal tidak terpenuhi dan gagasan tentang sistem penilaian baru dibuang.

Baca Juga :


"Saat itu beberapa negara menolak dan inginnya pembahasan ini dilanjutkan setelah olimpiade. Lalu kami melakukan rapat dengan pengurus dan pelatih, ternyata format sistem skor 5X11 akan cocok bagi bulutangkis ke depannya. Seperti para pemain tidak hanya mengandalkan stamina, durasi pertandingan bisa ditekan menjadi lebih singkat dan dipastikan laga akan seru dari awal," ucap Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri, Bambang Roedyanto, dalam rilis resmi PBSI.

Presiden BWF, Poul-Erik Høyer, senada dengan pertimbangan PBSI. Menurutnya, perubahan sistem perhitungan itu dapat meningkatkan aspek entertainmen di dunia bulutangkis.

“Perubahan sistem penilaian yang diusulkan adalah bagian dari visi saya untuk membuat bulu tangkis lebih menarik dan untuk meningkatkan nilai hiburan bagi para pemangku kepentingan dan penggemar," ucapnya seperti dilansir dari situs resmi BWF.

“Kami mengakui waktunya tidak tepat saat itu (2018), tetapi saya senang melihat ini didorong oleh anggota BWF sekali lagi. Ini hanya diusulkan untuk diperkenalkan setelah Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Jadi, saya yakin ini adalah waktu yang lebih baik untuk memengaruhi perubahan ini," tuturnya lagi. halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1617718750947

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?