Tak Melulu Fokus Latihan, Atlet Juga Perlu Perhatikan Gizi


  •    Nafielah Mahmudah
  •    05/04/21 - 16:20
  •    233

Ilustrasi pemain bulutangkis (Bolalob)
Ilustrasi pemain bulutangkis (Bolalob)

Menjadi seorang atlet badminton rupanya tak melulu harus fokus soal teknik permainan di lapangan. Soal pemenuhan gizi ternyata juga sangat perlu diperhatikan. Sebab pemenuhan gizi ini merupakan “bahan bakar” bagi para atlet untuk bertanding di lapangan.

Ibarat mobil yang akan melaju, perlu diperhatikan kualitas dan kuantitas bahan bakar yang diperlukan. Sehingga mesin bisa berjalan optimal.

Apalagi bagi atlet muda yang dalam masa pertumbuhan, mereka harus bisa mencukupi kebutuhan gizi.

“Usia pertumbuhan butuh asupan protein lebih banyak, kalsium dan zat besi tinggi. Lebih tinggi dari orang dewasa. Asupannya harus lebih detail, supaya pertumbuhannya lebih maksimal,” kata Laila Hamid, ahli nutrisi olahraga yang pernah menangani tim badminton Indonesia.

Laila mengatakan seorang atlet harus sadar akan tanggung jawabnya dalam menjaga badan. Menurutnya, percuma jika latihan saja yang digenjot habis-habisan, tapi pola makannya berantakan.

“Juara itu sadar, bukan cuma latihan. Tapi bensinnya harus bener. Semua aspek harus terpenuhi dengan seimbang, sesuai kebutuhan atlet,” kata Laila.

Lalu apakah makanan atlet harus selalu dengan terjaga baik?

Ternyata atlet boleh juga cheating alias libur sejenak untuk mencoba makanan favoritnya. Syaratnya, tidak boleh lebih dari 30 persen kebutuhan kalori per-harinya. Selebihnya, atlet harus bisa disiplin soal makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya.

“Atlet harus tahu bagaimana memilih makanan, ini bagus atau enggak. Cheating boleh, tapi persentasenya nggak boleh lebih dari 30 persen. Supaya 70 persen lainnya, buat recovery otot lebih cepat usai latihan atau pertandingan. Intinya buat atlet harus ada tanggung jawab untuk menyadari pentingnya menjaga pola makan,” jelas Laila.

“Kebiasaan cheating itu kalau dibiarkan akan terus meningkat dari cheating pertama ke cheating berikutnya. Kalau tidak bisa membatasi, maka body fat menjadi tinggi. Sehingga badan menjadi lebih berat dan makin malas bergerak. Lincahnya terbatas. Badannya nggak lebih fit dan bugar. Mainset atlet harus sadar, bahwa mereka bukan orang biasa. Jadi punya kebutuhan khusus dalam pemenuhan gizinya,” lanjut Laila. halaman 2 dari 3
Jika kalian ingin meningkatkan ilmu permainan badminton masih ada kesempatan untuk ikut acara Level Up Coaching Online Badminton pada 10 April 2021 mendatang mulai pukul 11.00 WIB.

Kami dengan bangga mengumumkan bahwa mantan Juara Dunia sekaligus pelatih badminton saat ini Sigit Budiarto dan Fung Permadi akan mengisi kelas Level Up Coaching Online edisi badminton bersama dengan YUZU Isotonic.

Sigit Budiarto akan mengisi kelas badminton beginner, sementara Fung Permadi akan memberikan ilmu kepelatihan dan pengalamannya untuk kelas intermediate.

Sebagai bagian dari keseruan Level Up Coaching Online Badminton turut hadir juga dalam acara ini salah satu mantan pemain terbaik badminton Indonesia, yakni Liliyana Natsir.

Butet sapaan akrabnya akan membagikan cerita menarik dalam perjalanan karirnya yang penuh dengan prestasi. Ia pernah meraih empat kali gelar juara dunia dalam kategori ganda campuran dan juga medali emas Olimpiade 2016 lalu. halaman 3 dari 3
Menarik bukan? Jika kalian ingin mengikuti Level Up Coaching Online Badminton persembahan YUZU Isotonic ini kalian bisa membeli tiketnya melalui Blibli.com mulai 8 Maret 2021.

Harga untuk setiap kelas adalah Rp 50.000 dimana kalian juga akan mendapatkan YUZU Isotonic, POPSTAR dan juga merchandise keren.

Kita juga memiliki harga bundling spesial untuk pembelian 2 kelas secara langsung menjadi 75.000, sementara jika kalian ingin membeli tiga kelas secara langsung maka harga yang akan dibanderol adalah Rp 100.000.

Kami hanya menyediakan tempat terbatas untuk Level Up Coaching Online Badminton ini, jadi catat dan jangan sampai kehabisan tiket ya!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Level Up Coaching Online Badminton ini, kalian bisa terus pantau akun Instagram @BolalobBadminton dan juga @yuzuindonesia!






Video Trending



Berita Terkait


1614948001830

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?