Preview Persija Jakarta Vs Barito Putera: Ujian Berikutnya Skuat 'Mewah' Sudirman


  •    Rizqi Ariandi
  •    10/04/21 - 10:30
  •    940

Preview perempatfinal Piala Menpora 2021:Persija Jakarta Vs Barito Putera
Preview perempatfinal Piala Menpora 2021:Persija Jakarta Vs Barito Putera. (sumber foto:Bolalob)

Persija Jakarta merupakan salah satu tim unggulan di Piala Menpora 2021. Namun, kekalahan di laga perdana Grup B melawan PSM Makassar sempat memutarbalikkan prediksi tersebut.

Pasalnya, kekalahan itu menempatkan Persija di posisi buncit klasemen Grup B. Untungnya Macan Kemayoran -julukan Persija- mampu bangkit dengan menyapu bersih dua kemenangan di laga berikutnya melawan Borneo FC dan Bhayangkara Solo FC.

Dua kemenangan itu pula yang mengantarkan Persija lolos ke babak perempatfinal dengan status sebagai juara Grup B. Di perempatfinal, Persija akan berjumpa runner up Grup A, Barito Putera.

Laga Persija kontra Barito Putera bakal dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021). Pertandingan ini patut dilabeli sebagai ujian berikutnya bagi tim asuhan Sudirman.

Baca Juga :


Kemenangan atas Barito Putera bakal menumbuhkan kepercayaan para pendukung Persija kepada Sudirman. Kapasitas Sudirman sebagai pelatih kepala Persija sempat diragukan oleh sebagian besar pendukung Macan Kemayoran.

Karena itu, Sudirman betul-betul mempersiapkan timnya dengan sangat baik untuk menghadapi laga ini. Meski bakal tampil tanpa Otavio Dutra dan Novri Setiawan, Sudirman sudah menyiapkan penggantinya.

"Alhamdulillah persiapan kami menuju perempat final ini sudah berjalan baik. Walau ada dua pemain yang tak bisa main, tapi Alhamdulillah bisa siapkan penggantinya. Pertandingan ini sangat penting bagi kami karena pertandingan ini single match jadi sejak masuk ke lapangan saya instruksikan kepada pemain untuk maksimalkan dan untuk menangkan laga," kata Sudirman dalam sesi temu pers secara virtual, kemarin, Jumat (9/4/2021).

Tekad Sudirman membawa tim asuhannya lolos ke semifinal didukung dengan sejumlah faktor. Selain Marco Motta sudah pulih dari cedera, Sudirman juga bisa menurunkan Rohit Chand yang baru saja kembali dari tugas negaranya.

Kembalinya Motta dan Rohit ke dalam skuat tentu membuat Sudirman lebih percaya diri. Mereka merupakan pemain kunci Persija di lini belakang dan tengah.

"Rohit memang baru bergabung dengan kita dan baru latihan dengan kita. Tapi konfdisi fisik dia tak ada masalah karena beberapa hari lalu main di Timnas Nepal. Insyaallah (dia) main dengan antusias untuk bisa membawa Persija lolos ke semifinal," tutur Sudirman.

Sudirman juga memastikan kondisi Marc Klok sudah membaik. Gelandang naturalisasi tersebut sempat menderita cedera dalam sesi latihan terakhir sebelum keberangkatan tim ke Malang.

"Dalam latihan terakhir Klok sudah kembali bergabung dengan latihan penuh. Ini satu nilai plus buat kami. Dia pemain penting di Persija," ujar Sudirman.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Tekad Barito Hentikan Persija Selengkapnya  


Di sisi lain, pelatih Barito Putera Djajang Nurdjaman menyadari tim asuhannya tidak diunggulkan dalam laga kontra Persija. Ia menilai wajar apabila publik lebih menjagokan Persija ketimbang tim asuhannya.

Djanur mengatakan Persija merupakan salah satu tim dengan materi pemain yang komplit dan merata. Selain diperkuat pemain asing dan lokal yang punya kualitas, Persija juga punya dua pemain naturalisasi dalam diri Dutra dan Klok.

"Pada prinsipnya, kami sudah siap menatap pertandingan ini. Kami punya tekad walau kami menghadapi klub yang di atas kertas lebih difavoritkan, karena secara materi mereka lebih komplit. Ada pemain naturalisasi, lokalnya juga di atas rata-rata. Untuk itu, kami harus kerja keras kalau ingin lolos ke semifinal dan kami punya tekad untuk itu," kata Djanur, sapaan karib Djajang Nurdjaman.

"Kami sudah mempersiapkan diri. Kalau kami kerja keras, penuh daya juang, tidak ada yang tidak mungkin. Kami bawa 22 pemain dan semua dalam keadaan siap," tuturnya menambahkan.

Baca Juga :


Djanur menambahkan, dirinya sudah mempelajari kekuatan Persija dari tiga laga di babak penyisihan grup. Salah satu kelebihan Persija yang disorot Djanur adalah kemampuan para pemainnya dalam mencetak gol melalui situasi bola mati atau set piece, baik itu tendangan bebas maupun sepak pojok.

"Kami sudah mengikuti rekam jejak Persija di Piala Menpora ini. Betul, banyak sekali gol yang tercipta dari set piece, baik itu dari tendangan bebas atau corner kick, dan itu semua sudah kami pelajari. Kami sudah latihan untuk mengantisipasi hal tersebut. Mudah-mudahan dalam praktiknya pemain kami bisa fokus dan melakukan sesuai dengan apa yang kami rencanakan," tuturnya.

Juru taktik asal Majalengka itu pun sudah menginstruksikan kepada para pemainnya untuk mewaspadai pergerakan individu para pemain Persija. Meski di babak penyisihan Marc Klok muncul sebagai pemain penting yang perannya tidak tergantikan, namun Djanur menilai ada dua pemain lainnya yang harus dibatasi pergerakannya.

"Justru yang kami antisipasi itu peregrakan liar Riko dan Osvaldo, karena dua pemain ini yang akan suplai bola ke Simic. Klok saya kira akan banyak bergerak di lini tengah dan kami sudah antisipasi itu. Penjagaan khusus tidak ada, tapi kami sudah tahu siapa saja pemain yang harus diwaspadai," tutur eks pelatih Persib Bandung, PSMS Medan, dan Persebaya Surabaya tersebut. halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1620158402618

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?