Mengenal 6 Tes Fisik yang Dijalani Para Atlet Pelatnas Musim 2021


  •    Kukuh Wahyudi
  •    12/04/21 - 16:20
  •    690

Ilustrasi tes fisik di pelatnas PBSI.
Ilustrasi tes fisik di pelatnas PBSI. (PBSI)

Setelah menetapkan 87 pemain sebagai penggawa pelatnas Cipayung musim 2021, PBSI mulai menjalani rangkaian tes untuk para pebulutangkis itu.

Usai tes kesehatan pada Kamis (8/4/2021), para atlet pelatnas melanjutkan rangkaian tes dengan menjalani tes fisik pada Jumat (9/4/2021).

Ada enam tes fisik yang dijalani para atlet, yaitu core muscle test, vertical jump, medicine ball throw, court agility test, rast test, dan bleep test.

"Tes fisik ini adalah rangkaian yang kami adakan untuk skrining atlet-atlet yang kami panggil," kata Iwan Hermawan, Kepala Sub Bidang Pengembangan Sports Science PP PBSI dalam rilis resmi PBSI.

"Dari data yang didapat dari tes ini kami bisa mengidentifikasi semua komponen dan kualitas fisik atlet-atlet kami."

"Lalu data ini akan kami konsultasikan ke pelatih fisik untuk menjadi sasaran-sasaran latihan. Demi meningkatkan standar seperti yang kita inginkan, terutama untuk atlet-atlet yang kondisi fisiknya masih kurang," ucapnya lagi.

Adapun penjelasan tes-tes tersebut yang dikutip dari situs resmi PBSI. Sebagai berikut:

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Core Muscle Test 
Tes untuk melihat kekuatan otot core. Otot core berfungsi untuk menjaga keseimbangan. Yang berpengaruh pada fungsi gerak. Kemungkinan cedera juga bisa dilihat dari tes ini.

Vertical Jump dan Medicine Ball Throw
Berfungsi mengukur kekuatan tungkai dan lengan. Karena puncak dari aplikasi kerja otot dari olahraga bulutangkis adalah bagaimana atlet bisa mentransfer tenaga sekuat dan secepat mungkin ke tungkai dan lengan. 

Court Agility Test
Untuk mengukur kelincahan dan ketangkasan para atlet di atas lapangan.

Rast Test
Mengukur daya tahan anaerobic, maksimal fatigue index, seberapa cepat recovery para atlet. Di tes ini, atlet melakukan sprint sepanjang 35 meter lalu istirahat 10 detik lalu mengulanginya hingga tiga kali bolak-balik atau enam lap.

Bleep Test
Untuk melihat kapasitas kardiovaskular. Fungsi paru-paru, jantung, dan peredaran darah mengangkut oksigen. Nantinya hasil akan keluar sebagai satuan Vo2max yang merupakan kondisi kebugaran aerobik. halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1617578402586

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?