Hadapi Menstruasi, Atlet Putri Perlu Asupan Tambahan Ini


  •    Nafielah Mahmudah
  •    13/04/21 - 16:00
  •    467

Ilustrasi makanan daging salmon dan sayur (Envanto/Bolalob)
Ilustrasi makanan daging salmon dan sayur (Envanto/Bolalob)

Menstruasi merupakan pendarahan siklus normal yang dialami wanita, termasuk atlet putri. Tingginya aktivitas fisik seorang atlet, membuat kondisi ini perlu diperhatikan secara khusus. Salah satunya melalui asupan yang dikonsumsi.

Ahli nutrisi olahraga, Laila Hamid mengatakan saat menstruasi para atlet putri perlu tambahan zat besi dan kalsium yang lebih banyak, karena hemoglobinnya turun. Hal itu diperlukan agar atlet putri tidak mudah mengantuk dan mudah capek, di tengah padatnya jadwal latihan atau bahkan turnamen.

“Atlet putri dalam kondisi tertentu perlu perhatian lebih detail. Misalnya saat menstruasi, atlet putri perlu asupan zat besi dan kalsium yang lebih banyak. Karena hemoglobinnya turun. Supaya bisa diatasi gampang ngantuk dan gampang capeknya. Di luar itu, karena atlet aktivitas fisiknya berbeda dengan orang pada umumnya, jadi mereka butuh makanan yang detail dan seimbang,” ungkap Laila kepada Bolalob.

Baca Juga :


Sumber zat besi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi daging merah, sayuran hijau, makanan laut, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Sementara kebutuhan kalsium bisa didapatkan, diantaranya dari susu, yogurt atau keju.

Jika diperlukan, pemenuhan zat besi dan kalsium bisa didukung dengan suplemen makanan, dengan dosis yang disesuaikan. halaman 2 dari 2








Video Trending



Berita Terkait


1620111175093

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?