Dari Kontroversi Sampai Dipuji, 10 Tim Ini Memiliki Logo Baru Yang Lebih Keren


  •    Robert
  •    16/04/21 - 21:00
  •    8.424

Ilustrasi 10 Tim Yang Merilis Logo Baru Keren (Bolalob)
Ilustrasi 10 Tim Yang Merilis Logo Baru Keren (Bolalob)

Sepak bola sudah memasuki era modern dan juga industri, untuk itu sebagai sebuah entitas klub maupun federasi banyak berbenah agar memiliki nilai jual yang lebih.

Mengubah logo menjadi salah satu cara sebuah klub atau negara agar lebih segar dan modern, meninggalkan kesan kuno tanpa menghilangkan sejarah mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir banyak klub atau negara yang merilis logo baru, membuat mereka lebih muda dikenali dalam industri ini. Tentu langkah ini dipuji, namun tak sedikit juga terdapat kontroversi.

Berikut 10 klub atau negara yang merilis logo baru mereka dalam beberapa musim terakhir:

Juventus



Banyak yang terkejut dan kaget dengan logo baru Juventus yang hanya berinisial J saat dirilis pada 2017 lalu. Juve meninggalkan logo mereka yang sudah sangat khas, yang berbentuk perisai oval dengan strip vertikal hitam-putih, mahkota, serta banteng dalam siluet.

Sebagai gantinya, Juventus akan memakai logo yang minimalis. Logo tersebut tampak seperti dua huruf J yang disandingkan dan membentuk seperti sebuah perisai.

Tak ada lagi kuda dalam logo baru klub, namun logo ini juga mendapat pujian karena memiliki unsur modern di era industri sepakbola saat ini. Dengan garis yang bersih, kesederhanaan yang mencolok, dan merek visual yang berambisi melampaui lapangan dan masuk ke sektor desain, seni, musik, mode, makanan, dan hiburan. Logo baru dapat diskalakan dan dapat diterapkan di semua media.

Ekuador



Tahun lalu Federasi Sepakbola Ekuador meluncurkan logo barunya untuk era baru. Ini jelas menimbulkan keributan karena mereka meninggalkan lencana yang - meskipun sedikit diubah selama bertahun-tahun - sebagian besar tidak berubah sejak 1965.

Perubahan yang paling jelas adalah condor Andes yang indah pada logo sekarang dengan gaya digabungkan ke dalam 'FEF' (Federación Ecuatoriana de Fútbol) di dalam lencana. Banyak orang tidak suka condor tersembunyi - mereka menginginkannya untuk ditonjolkan. Juga, logo baru menggambar perbandingan dengan permukaan transformator. Bagi banyak pencela, ini hanyalah kasus "jika tidak rusak, jangan perbaiki." Namun sekali lagi, logo tersebut mungkin belum "rusak", tetapi jelas tidak memiliki potensi pencitraan merek dari logo baru Ekuador.

Dan tanpa mengatakan apakah kita suka atau tidak, kita tidak dapat menyangkal bahwa seluruh proses telah dilakukan dengan baik. Jika kita bergerak menuju dunia baru yang berani dengan identitas visual yang dipesan lebih dahulu ini, kita hanya dapat berharap bahwa agensi yang bertanggung jawab mendekati tingkat kreativitas dan nuansa ini. halaman 2 dari 6
Inter Milan



Inter resmi merilis logo baru mereka dengan desain lebih minimalis dan modern. Layaknya seperti Juventus yang sudah tampil beda dengan logo berinisial ‘J’ sejak beberapa tahun lalu, kali ini giliran Inter yang tampil beda.

Huruf ‘I’ dan ‘M’ ditonjolkan oleh klub yang menyebut desain ini sebagai “prespektif baru dalam inovasi dan gairah yang akan meningkatkan nilai klub dari sebuah perjalanan”.

Perisai atau crest bulat yang dibuat pada tahun 1908 kembali dihadirkan. Sementara huruf ‘I’ untuk mewakili Internazionale lalu ‘M’ adalah Milano, kota mereka berasal.

Logo Inter yang baru terlihat lebih tebal dan menggunakan dua jenis huruf yang tak asing, yakni GIORGIO BOLD dan UNIVERS ROMAN. 

Islandia



Islandia telah menikmati kesuksesan besar di dunia sepak bola dalam beberapa tahun terakhir, dengan timnas pria mereka menjadi negara terkecil yang pernah lolos ke Piala Dunia 2018, dan tim wanita ada di urutan ke-18 di dunia oleh FIFA tahun lalu. Untuk menghormati "semangat juang" -nya, federasi telah merilis identitas baru pada tahun 2020 lalu.

KSI, asosiasi sepak bola nasional Islandia, bekerja dengan agensi yang berbasis di Reykjavík, Brandenburg untuk merancang identitas, yang menampilkan logo dan jenis huruf baru yang terinspirasi oleh cerita rakyat kuno bangsa Viking.

Logo lama (menampilkan sepak bola dan bendera Islandia) dibagikan oleh KSI, dan sekarang telah diganti dengan simbol yang didasarkan pada 'empat penjaga' Islandia: banteng, raksasa, naga, dan elang. Meskipun ini merupakan logo yang cukup ramai, sangat mengesankan karena berhasil menggambarkan keempat penjaga dalam simbol yang abstrak namun koheren. KSI memperkenalkan desain Brandenburg (dan empat penjaga) dalam video sinematik. halaman 3 dari 6
Nantes



Bersama dengan rilis jersey kandang untuk musim baru 2019 lalu, klub Prancis FC Nantes telah meluncurkan logo baru, merevolusi logo yang diadopsi dalam sembilan tahun terakhir dan sepanjang tradisi klub Breton, yang didirikan pada tahun 1943. 

Seperti yang terjadi dengan Juventus, keputusannya adalah mewujudkan logo minimal dan penting, dengan fokus hanya pada huruf N dan menghapus beberapa tanda yang ada di mana-mana seperti sekunar dan cerpelai (salah satu simbol ikonografi Breton yang paling berulang, yang hanya kecil tetap di bawah gambar), tetapi juga referensi seperti tahun dasar, hanya menggunakan warna sosial, kuning dan hijau.

Meskipun rebranding dikembangkan sesuai dengan filosofi 'kami menulis masa depan berdasarkan masa lalu', perubahan logo lama sama sekali tidak menyenangkan penggemar yang lebih tradisionalis, terlepas dari kenyataan bahwa dalam pernyataan yang dirilis oleh Klub juara delapan kali Prancis telah dengan jelas menjelaskan alasan yang menyebabkan revolusi visual yang nyata ini, 'karena klub yang hebat selalu menyambut tantangan besar' bekerja selama berbulan-bulan untuk memperbarui strategi merek dan mengembangkan visual yang lebih modern dan menarik. gaya.

Manchester City



City telah meluncurkan logo klub baru dan mulai dipakai pada musim 2016-17. Desain baru menandai penyimpangan dari lencana yang ada, diadopsi pada tahun 1997, dan sebagai gantinya menyerupai versi terbaru dari lambang klub sebelumnya yang pertama kali digunakan pada tahun 1972.

Lambang baru menampilkan perisai yang mempertahankan kapal emas yang telah ditampilkan dalam lambang klub selama hampir satu abad, serta tiga garis diagonal - mewakili sungai Irwell, Medlock dan Irk - dan mawar merah Lancashire. Untuk pertama kalinya, lambang juga mencakup tahun didirikannya klub - 1894.

Perubahan gaya, menghilangkan elang, tiga bintang emas yang sering diejek dan semboyan Latin 'Superbia in Proelio' dari lambang - membawa desain sejalan dengan klub lain yang dimiliki oleh perusahaan induk klub, City Football Group - seperti klub MLS New York City FC dan tim A-League Melbourne City. halaman 4 dari 6
Reims



Tujuannya sama seperti Nantes dan Juventus, klub Prancis ini merilis logo lebih minimalis dan moder. Bahkan desainer yang membuat logo baru Reims sama dengan Nantes.

Desain ulang ini bertujuan untuk membawa modernitas ke klub besar pertama Prancis - Reims memenangkan enam gelar Ligue 1 antara tahun 1949 dan 1962.

Alih-alih logo lencana bundar sebelumnya, logo baru ini mengalir bebas dan menampilkan inisial klub di tengahnya. Sebuah mahkota dapat dilihat di atas 'SR', sedangkan nama tim tertulis di bawahnya.

Korea Selatan



Pada tahun 2020 lalu KFA (Korean Football Association) baru saja mengumumkan logo barunya. Jika lambang federasi Korea Selatan, harimau putih, terus muncul di lambang, perbedaan antara logo lama dan baru hampir total: pertama-tama perubahan menyangkut bentuk, yang jelas lebih modern dan agresif, dan warna yang digunakan, biru cerah, merah, hitam dan putih untuk melambangkan kekuatan dan kemauan, martabat, kepercayaan dan permainan yang adil.

Keseluruhan operasi rebranding dapat diringkas dengan motto: "Moving Forward". Perubahan dapat disederhanakan dalam empat langkah: bingkai persegi lambang mewakili lapangan sepak bola, harimau mewujudkan warisan sepak bola Korea Selatan, bentuk barisan sepak bola, sedangkan motif desain mewujudkan nilai fundamental proyek, 'Panah Maju '. halaman 5 dari 6
Borneo FC



Perayaan ulang tahun ke-7 menjadi momen Borneo FC untuk merilis identitas dan logo baru. Klub berjuluk Pesut Etam sekarang tampil lebih modern dengan logo barunya.

Sebelumnya dalam beberapa hari terakhir Borneo mengangkat momen ini dalam tagar #Ke7utan, bahkan mereka sempat menghitamkan logo klub sebelum merilisnya hari ini.

Logo baru Borneo FC memiliki perisai berukiran dayak sebagai bentuk kebanggaan akan tanah leluhur. Sementara itu tulisan Borneo Samarinda ditonjolkan oleh klub, dipadu dengan warna merah marun dan binatang khas Samarinda yakni Pesut.

Langkah ini patut diancungi jempol, lantaran Borneo menjadi salah satu klub Indonesia yang berani keluar dari zona nyaman dengan logo baru mereka.

Spanyol



Federasi Sepakbola (RFEF) telah mempresentasikan logo baru tim nasional sepak bola Spanyol. Logo baru, bagaimanapun, tidak akan ada di jersey sampai tahun 2022, jadi tidak akan muncul selama pertandingan berikutnya atau pada Euro 2020. Logo baru Federasi, di sisi lain, sudah aktif dan akan aktif media sosial (seperti untuk timnas sepak bola) dan akan menandai dokumen resmi dari lembaga sepak bola tertinggi di Iberia.

Perubahan pada desain logo tim nasional pertama-tama mengurangi dampak kromatiknya: warna yang ada hanyalah merah dan kuning (warna jersey). Ini memiliki lebih sedikit detail dan kelengkungan dari kontur Scudetto Italia "tipikal", tanpa detail yang ada dari model sebelumnya. Di tengah, bagaimanapun, tetap menjadi lambang bersejarah di tengah. Sedangkan desain lambang Federasi lebih ambigu. 

Di bagian tengah - sedikit bergaya logo Bayer, juga perusahaan farmasi Jerman - adalah huruf akronim RFEF (Real Federación Española de Fútbol). Tetapi federasi, melalui video, menjelaskan kaitannya dengan sepak bola murni, yaitu logo baru berbentuk lingkaran lingkaran lini tengah lapangan sepak bola. Logo baru disertai dengan rebranding umum karakter untuk komunikasi dan media sosial. halaman 6 dari 6
Terakhir diubah:  17/04/21 - 08:30





Video Trending



Berita Terkait


1620288003145

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?