Persija Vs PSM: Panas Boleh, Tapi Otak Harus Tetap Fokus Main Bola


  •    Kukuh Wahyudi
  •    18/04/21 - 11:10
  •    1.988

Persija vs PSM di leg 2 Piala Menpora 2021.
Persija vs PSM di leg 2 Piala Menpora 2021.

Leg 2 semifinal Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Persija vs PSM bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). Kedua tim sama-sama percaya diri bisa keluar sebagai pemenang dan otomatis meraih tiket final.

Pelatih Persija, Sudirman, mengingatkan anak didiknya bahwa laga tersebut bukan hanya aduk taktik dan fisik, tapi juga mental. Pasalnya, dalam dua pertemuan sebelumnya di babak Grup B dan leg 1 semifinal, pertandingan yang mempertemukan kedua tim berlangsung dengan tempo tinggi.

Persija dan PSM sama-sama bermain keras untuk mengintimidasi lawan. Khusus untuk Persija, mereka tak mau kalah lagi seperti di pertemuan mereka di Grup B. Kala itu Persija keok 0-2.

Kini menatap leg 2, Sudirman mengatakan pemainnya sudah lebih siap. 

"Tentunya harus diakui tensi pertandingan ini sangat tinggi. Sebagai pelatih, saya berkata ke pemain, boleh panas tapi pikiran atau otak ini harus selalu berpikir untuk main bola, untuk menang, bukan untuk melakukan kekerasan pada lawan. Itu akan mengganggu konsentrasi mereka untuk menjalankan instruksi dari saya," ucap Sudirman dalam konferensi pers sebelum laga (17/4/2021).

Baca Juga :
halaman 2 dari 4
Selain itu, pelatih yang biasa disapa Jenderal itu telah menyiapkan pasukannya untuk tampil di babak penalti. Kondisi itu memungkinkan terjadi jika kedua tim bermain imbang hingga waktu normal.

"Kami sudah mempersiapkan itu dari jauh-jauh hari. Kami tahu di babak 8 besar juga kalau imbang itu langsung adu penalti. Kami sudah berlatih adu penalti dari jauh-jauh hari dan kami sudah tahu siapa yang akan menjalankan tugas-tugas itu," ujarnya lagi.

Sementara itu, Novri Setiawan, salah satu pemain andalan Sudirman, mengatakan dalam situasi adu penalti setiap pemain harus siap menjadi eksekutor.

"Saya rasa semua pemain harus siap. Itu sudah tugasnya. Mudah-mudahan besok tanpa penalti dan Persija menang," tuturnya.
halaman 3 dari 4
Bermain Lebih Keras
Di kubu lawan, PSM sudah terbukti mampu menjadi pemenang kala melewati babak penalti di babak perempat final kontra PSIS. Tim berjulukan Juku Eja itu menang dengan skor 4-2 setelah sebelumnya bermain imbang 0-0.
Tapi, juru taktik PSM, Syamsuddin Batolla ogah berbangga diri. Mereka tetap mempersiapkan tim dengan ideal meski tidak istimewa.
"Persiapan untuk pertandingan besok boleh dikata tidak terlalu jauh seperti leg 1. Karena ini masa recovery agak pendek. Insya Allah semua pemain fit," katanya.
Terkait cara main seperti apa yang diperagakan di leg 2, kapten tim PSM, Zulkifli Syukur memberikan komentar.
Ia mengatakan rekan-rekannya bakal bermain keras khas PSM. Jika lawan membalas lebih keras, maka Zul memastikan Persija bakal mendapatkan tekanan jauh lebih keras lagi.

"Permainan sepak boa itu kan memang fisik. Benturan memang tak bisa dihindari. Tak ada masalah bagi kami jika ada pemain Persija keras. Siapa pun yang PSM hadapi kami siap. Jika mereka keras maka kami akan lebih keras," ucap Zul.
halaman 4 dari 4





Video Trending



Berita Terkait


1620189602586

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?