Juventus Mundur dari Asosiasi Klub Eropa, Makin Yakin Gabung Liga Super


  •    Robert
  •    19/04/21 - 10:30
  •    65.849

Ketua klub Juventus, Andrea Agnelli (Juventus)
Ketua klub Juventus, Andrea Agnelli (Juventus)

Juventus dilaporkan telah meninggalkan Asosiasi Klub Eropa (ECA) dan akan ambil bagian di Liga Super Eropa.

Setelah menandatangani pernyataan niat untuk bergabung dengan liga, dengan Manchester City yang terakhir setuju, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Tottenham dan Arsenal bersama dengan tim Pep Guardiola termasuk di antara sekelompok tim yang telah setuju untuk membentuk kompetisi baru.

Liga Super mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Minggu malam: “Dua belas klub sepak bola terkemuka Eropa hari ini berkumpul untuk mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk membentuk kompetisi tengah minggu yang baru, Liga Super, yang diatur oleh Klub Pendiri.”

Setelah pengumuman mengejutkan tersebut, telah dilaporkan bahwa Juventus telah meninggalkan ECA.

Itu juga berarti bahwa ketua klub Italia yakni Andrea Agnelli telah mengundurkan diri sebagai presiden ECA dan menjauh dari Komite Eksekutif UEFA.

Agnelli diyakini hingga kini menjadi sekutu presiden UEFA Aleksander Ceferin akan menduduki peran keempat wakil ketua sebagai bagian dari Liga Super Eropa.

Baca Juga :


Selain itu ada juga presiden Real Madrid Florentino Perez juga akan memegang peran ketua dalam struktur liga baru, dengan John W. Henry dari Liverpool, Joel Glazer dari Manchester United dan pemilik Arsenal Stan Kroenke juga akan memegang peran wakil ketua.

Ceferin diketahui sangat marah atas keputusan Agnelli, yang beritanya datang kurang dari 24 jam sebelum proposal UEFA sendiri untuk mengubah format Liga Champions.

Sebuah pernyataan di situs resmi Juventus mengatakan: “Klub-klub telah setuju untuk bergabung dengan Liga Super dalam jangka panjang. Klub-klub top Eropa tambahan diharapkan bergabung dengan proyek Liga Super, mencapai kelompok inti hingga 15 anggota pendiri permanen yang akan dilengkapi setiap tahun oleh lebih banyak klub berdasarkan proses penerimaan, menghasilkan 20 klub secara agregat.”

Ia menambahkan: “Juventus mengharapkan Liga Super untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi Perusahaan dan untuk industri sepak bola secara keseluruhan.” halaman 2 dari 3
ECA, yang mewakili klub UEFA merilis pernyataan yang bertentangan dengan rencana Liga Super.

Selain itu, mereka mendukung pengembangan berkelanjutan pada pembenahan Liga Champions, meskipun ketuanya adalah kepala Juventus Agnelli.

Pernyataan mereka mengatakan: “Mengingat laporan hari ini tentang subjek yang disebut liga yang memisahkan diri, ECA sebagai badan yang mewakili 246 klub terkemuka di seluruh Eropa, menegaskan kembali komitmennya untuk bekerja mengembangkan model Kompetisi Klub UEFA (UCC) dengan UEFA untuk siklus yang dimulai 2024 dan bahwa 'model liga super tertutup' yang dirujuk artikel media akan sangat ditentang oleh ECA.

Baca Juga :


“ECA akan mengacu pada posisi yang diadopsi oleh Dewan Eksekutif pada pertemuannya Jumat 16 April lalu, yaitu bahwa ia mendukung komitmen untuk bekerja dengan UEFA pada struktur yang diperbarui untuk Sepak Bola Klub Eropa secara keseluruhan pasca 2024, termasuk perubahan yang diusulkan ke UEFA. Kompetisi Klub pasca 2024.

“Dengan dukungan ECA, Komite Eksekutif UEFA diminta untuk mendukung komitmen ini pada pertemuannya pada 19 April bersama dengan upaya untuk mencapai kesepakatan tentang hubungan masa depan antara ECA dan UEFA.

“Dewan Eksekutif ECA akan bersidang dalam beberapa hari mendatang untuk mengambil keputusan yang tepat sehubungan dengan perkembangan lebih lanjut.' halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1620014402926

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?