UEFA Resmikan Format Baru Liga Champions Mulai 2023


  •    Robert
  •    20/04/21 - 06:00
  •    2.677

Liga Champions (UEFA)
Liga Champions (UEFA)

Format baru Liga Champions dengan 36 peserta telah disetujui oleh UEFA pada hari Senin.

Keputusan ini terjadi sehari setelah 12 klub, termasuk enam dari Inggris, mengumumkan rencana untuk bergabung dengan Liga Super Eropa (ESL) baru yang terpisah sebagai gantinya.

Format baru Liga Champions yang kontroversial ini akan dimulai pada 2024 dan berjalan hingga setidaknya 2033.

Pengumuman yang direncanakan bulan lalu dibatalkan di tengah argumen atas keterlibatan klub dalam menjalankan turnamen.

Format baru ini akan membuat 36 klub lolos ke 'fase pertama' yang diperluas, di mana semua klub akan bermain melawan 10 lawan dari berbagai kekuatan.

Format baru ini layaknya liga, dengan delapan besar lolos ke fase sistem gugur dan 16 berikutnya akan menjalani play-off untuk delapan slot tersisa.

Baca Juga :


Format tersebut telah dikritik oleh kelompok suporter, paling tidak karena dua dari empat slot tambahan akan dialokasikan berdasarkan penampilan sebelumnya, ke klub dengan koefisiensi UEFA tertinggi yang tidak lolos ke Liga Champions secara otomatis, tetapi lolos ke kompetisi Eropa lainnya.

Jika format itu dimulai pada musim ini, Liverpool tergantung pada hasil kompetisi piala domestik dan Chelsea akan menjadi klub yang diuntungkan.

Kritik seputar format ini adalah bahwa itu akan menghilangkan dasar kualifikasi berada di sekitar posisi liga sebagai tim yang bisa lolos ke Liga Champions meskipun finis lebih rendah di klasemen daripada tim di liga yang sama namun gagal.

halaman 2 dari 3
Detail format
  • Mengambil jumlah tim dari 32 menjadi 36 di Liga Champions UEFA, perubahan terbesar akan melihat transformasi dari babak grup tradisional ke satu tahap liga termasuk semua tim yang berpartisipasi. Setiap klub sekarang akan tampil minimal 10 pertandingan tahap liga melawan 10 lawan yang berbeda (lima pertandingan kandang, lima tandang) daripada enam pertandingan sebelumnya melawan tiga tim, dimainkan secara kandang dan tandang.
  • Delapan tim teratas di liga akan lolos secara otomatis ke babak sistem gugur, sementara tim yang finis di urutan kesembilan hingga ke-24 akan bersaing dalam play-off dua leg untuk mengamankan jalan mereka ke babak 16 besar kompetisi.
  • Perubahan format serupa juga akan diterapkan ke UEFA Europa League (8 pertandingan di tahap liga) dan UEFA Europa Conference League (6 pertandingan di tahap liga). Tunduk pada diskusi dan kesepakatan lebih lanjut, kedua kompetisi ini juga dapat diperluas menjadi total 36 tim masing-masing di tahap liga.
  • Kualifikasi untuk Liga Champions UEFA akan terus terbuka dan diperoleh melalui penampilan tim di kompetisi domestik.
  • Salah satu tempat tambahan akan pergi ke klub peringkat ketiga di kejuaraan asosiasi di posisi kelima dalam peringkat asosiasi nasional UEFA. Satu lagi akan diberikan kepada juara domestik dengan menambah dari empat menjadi lima jumlah klub yang lolos melalui apa yang disebut "Jalur Champions".
  • Dua tempat terakhir akan ditempati oleh klub-klub dengan koefisien klub tertinggi selama lima tahun terakhir yang tidak lolos ke fase grup Liga Champions tetapi lolos ke fase kualifikasi Liga Champions, Liga Europa, atau Liga Konferensi Eropa.
  • Semua pertandingan sebelum final masih akan dimainkan pada pertengahan minggu, mengingat pentingnya kalender pertandingan domestik di seluruh Eropa.
halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1620284402986

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?