Jelang Final Piala Menpora 2021, Berikut Rangkuman 5 Pertemuan Terakhir Persija Vs Persib


  •    Rizqi Ariandi
  •    21/04/21 - 03:30
  •    2.267

Salah satu momen yang selalu terjadi di laga Persija kontra Persib
Salah satu momen yang selalu terjadi di laga Persija kontra Persib. (sumber foto:Bolalob)

Persija Jakarta dan Persib Bandung akan saling berhadapan di partai final Piala Menpora 2021. Leg pertama akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada 22 April, sementara leg kedua akan dihelat di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021).

Meski hanya bertajuk turnamen pramusim, namun laga final ini akan sangat dinantikan, terutama oleh kedua suporter. Pasalnya, Persija dan Persib dikenal memiliki cerita perseteruan yang cukup panjang, terutama di era Liga Indonesia.

Karena itulah laga Persija kontra Persib seringkali dilabeli sebagai El Clasico Liga Indonesia. Kedua suporter dari kedua tim juga dikenal tidak akur.

Baca Juga :


Melihat perjalanan kedua tim yang tidak mudah untuk mencapai partai final, maka laga pada Kamis (22/4/2021) dan Minggu (25/4/2021) malam nanti diprediksi bakal berjalan menarik. Dari rekor lima pertemuan terakhir, kedua tim juga cukup seimbang.

Persija dan Persib sama-sama mencatatkan dua kemenangan. Sementara satu laga lainnya berakhir imbang.

Menariknya, salah satu kemenangan yang diraih Persija terjadi saat kedua tim bermain di Stadion Manahan, venue final leg kedua. Saat itu Persija menang dengan skor tipis 1-0 via gol penalti Bruno Lopes.

Lalu, akankah Persija bisa mengulang kemenangan atas Persib di Stadion Manahan seperti yang terjadi pada 3 November 2017, atau kali ini giliran Persib yang akan menjadi pemenangnya. Menarik untuk sama-sama kita nantikan. halaman 2 dari 3
5 Pertemuan Terakhir Selengkapnya  
Liga 1 2019:

Persib Bandung 2-0 Persija Jakarta, 28 Oktober 2019

Persib tidak bisa menjamu Persija di markasnya, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) atau Stadion Si Jalak Harupat karena terbentur izin kepolisian. Laga ini pun dipindah ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Meski digelar di Bali, Persib tetap bisa meraih kemenangan dengan skor cukup meyakinkan, 2-0. Dua gol Persib ketika itu dibukukan oleh Frets Butuan (51') dan Ezechiel N'Douassel (58')

Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung, 10 Juli 2019

Laga ini menjadi spesial untuk Persija Jakarta dan suporternya, The Jakmania. Pasalnya, di tiga musim sebelumnya Persija selalu sulit mendapatkan izin kepolisian untuk menjamu Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Namun, momen tersebut tidak bisa dimanfaatkan Persija untuk meraih kemenangan. Sempat unggul lewat gol Marko Simic pada menit ke-75, kesempatan tim ibu kota mengamankan tiga poin dari seteru abadinya itu buyar setelah Artur Gevorykan mencetak gol penyama kedudukan pada menit 91.

Liga 1 2018:

Persib Bandung 3-2 Persija Jakarta, 23 September 2018

Persib Bandung sukses menumbangkan Persija Jakarta, 3-2, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Namun, laga ini harus ternoda akibat insiden meninggalnya suporter Persija, Haringga Sirla yang dianiaya oleh sekelompok pendukung Persib di area luar stadion.

Padahal jalannya pertandingan ini cukup seru. Kedua tim saling berbalas gol sebelum Bojan Malisic mengunci kemenangan timnya atas Persija pada menit 94.

Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung, 30 Juni 2018

Untuk kali pertama sepanjang sejarah pertemuan kedua tim, laga ini digelar di Stadion PTIK, Jakarta. Tim Ibu Kota terpaksa memindahkan venue pertandingan ke markas Bhayangkara FC, sebelum hengkang ke Solo, karena Stadion Utama Gelora Bung Karno sedang 'dipercantik' untuk pembukaan Asian Games 2018.

Meski digelar di PTIK dan hanya dihadiri ribuan The Jakmania, Persija tetap tampil penuh semangat dan determinasi. Gol tunggal Jaimerson Xavier pada menit ke-16 memastikan Persib pulang ke Bandung dengan tangan hampa.

Liga 1 2017:

Persija Jakarta 1-0 Persib Bandung, 3 November 2017

Dari lima pertemuan terakhir antara Persija dan Persib, mungkin laga di pekan ke-33 ini jadi yang paling diingat, terutama oleh Bobotoh. Pasalnya, dalam laga ada beberapa insiden 'menakutkan' hingga kontroversial yang terjadi di lapangan.

Insiden 'menakutkan' yang dimaksud adalah tekel berbahaya Rudi Widodo terhadap Kim Kurniawan yang membuat pemain keturunan Jerman itu absen lama karena cedera. Lalu, sisi kontroversialnya adalah dianulirnya gol Ezechiel N'Douassel padahal bola sudah jelas melewati garis gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Tidak hanya itu, laga ini tidak berlangsung hingga 90 menit seperti waktu normal. Wasit Shaun Evans ketika itu memutuskan untuk menghentikan laga di menit 83 karena menilai Persib tidak mau melanjutkan permainan setelah kartu merah yang didapat Vladimir Vujovic.

Menariknya, ketika itu pertandingan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, yang merupakan venue final leg kedua yang akan berlangsung pada 25 April mendatang. Adapun saat itu Persija berhasil meraih kemenangan atas Persib lewat gol penalti Bruno Lopes di menit ke-77. halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1620073801686

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?