Titik Cerah Striker Masa Depan Timnas Muncul di Semifinal Piala Menpora 2021


  •    Kukuh Wahyudi
  •    20/04/21 - 21:00
  •    43.310

Saddam Emiruddin, striker muda PSS.
Saddam Emiruddin, striker muda PSS. (instagram/@pssleman)

Persija dan Persib menjadi dua tim yang berjaya di semifinal Piala Menpora 2021 setelah menaklukkan perlawanan PSM dan PSS. Tapi, kejayaan bukan hanya menghinggapi mereka.

Dua striker dalam negeri, Saddam Emiruddin Gaffar dan Ezra Walian, menjadi dua individu yang juga menemukan kejayaan di semifinal Piala Menpora 2021. Keduanya tampil fantastis dengan mencetak gol pemecah kebuntuan timnya.

Aksi mereka seolah menjadi bantahan bahwa kini sepak bola Tanah Air sedang krisis striker. Peforma Saddam dan Ezra di partai semifinal adalah titik cerah dari untuk regenerasi striker masa depan Indonesia.

Baca Juga :


Saddam Emiruddin Gaffar
Berlabel sebagai pemain junior, U-19, semula Saddam mengundang keraguan banyak orang. Dia tak memiliki kecepatan luar biasa, rekam jejaknya bersama timnas junior pun tak membawanya berstatus bintang, tapi di semifinal Piala Menpora 2021 ia bertransformasi sebagai mesin gol kelas wahid.

Kiper senior Persib, I Made Wirawan, menjadi korban dari ketajaman Saddam. Gawangnya selalu kemasukan dalam dua leg semifinal.

Di leg 1, Saddam sukses merobek gawang Persib dengan tandukan kepalanya pada menit ke-20. Ia berhasil mengonversi umpang lambung yang dikirimkan Samsul Arifin dari sisi kanan pertahanan lawan.

Di leg 2, jebolan PPLP Jawa Tengah itu kembali menodai gawang Made. Kali ini gol dicetak pada menit ke-73 lewat sepakan kaki kirinya. 

"Sejak ia bergabung dengan PSS U-18 dan U-20 memang sudah terlihat (kehebatannya). Pada 2019 ia pun promosi ke tim utama PSS. Naluri golnya memang sudah terlihat sejak dulu, tapi ia berkembang pesat setelah dilatih oleh Shin Tae-yong (timnas U-19) dan berlatih di tim senior PSS," tutur Guntur Cahyo Utomo, Kepela Development Center PSS, kepada Bolalob.

Sementara itu, Saddam mengatakan ini  ukan semata-amat hasil kerja kerasnya. "Alhamdulillah. Tak luput dari campur tangan Yang Maha Kuasa," ucap Saddam. halaman 2 dari 3
Ezra Walian
Ezra Walian cetak gol penyama kedudukan 1-1. (ligaindonesiabaru.com)

Setelah dinaturalisasi dan berseragam PSM di Liga 1 2019 dan 2020, performa Ezra di level biasa-biasa saja. Bahkan, namanya tak masuk daftar panggil utama dari pelatih timnas Shin Tae-yong dua tahun terakhir.

Tapi, pelan tapi pasti namanya mulai berkibar bersama Persib di Piala Menpora 2021. Di setiap babak, Grup D, perempat final, dan semifinal ia selalu mencetak gol.

Di fase grup, gol ia kreasi ke gawang Persita dalam kemenangan 3-1. Di perempat final, ia membukukan gol ke gawang Persebaya pada menit pertama yang membawa Persib menang 3-2. 

Terbaru, Ezra menjadi pahlawan Persib dengan mencetak gol peraih tiket final Piala Menpora 2021. Meski hanya berlabel penyama kedudukan 1-1, gol Ezra tersebut membuat Persib unggul agregat 3-2 atas PSS.

Gol tersebut menjadi indikator bahwa kematangan Ezra dalam bermain mulai tampak. Meski minim mendapatkan layanan yang baik dari lini kedua, Ezra sukses memanfaatkan minimnya peluang untuk mencetak gol dengan sundulannya.

Jika konsisten, bukan tidak mungkin ia bakal kembali berseragam timnas.  halaman 3 dari 3


Terakhir diubah:  23/04/21 - 09:54






Video Trending



Berita Terkait


1620054002758

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?