Hebatnya Liga Korsel Bikin Asnawi Tak Lagi Main Keras Tanpa Teknik


  •    Kukuh Wahyudi
  •    21/04/21 - 04:00
  •    61.655

Asnawi Mangkualam, tampil apik bersama Ansan Greeners.
Asnawi Mangkualam, tampil apik bersama Ansan Greeners. (instagram/@asnawi_bhr)

Dalam satu dekade terakhir, Indonesia rutin mengirimkan pemain ke luar negeri. Mulai dari Asia Tenggara, Asia Timur, hingga ke Eropa.

Salah satu pelatih tersukses di Liga Indonesia yang kini kembali membesut Persipura, Jacksen F. Tiago, mengatakan ada dampak positif yang terlihat dari para pemain yang kini tengah berkarier di luar negeri. 

Pelatih asal Brasil itu mencontohkan apa yang dialami Asnawi Mangkualam yang tampil di K League 2 bersama Ansan Greeners. Jacksen melihat ada perubahan besar terjadi dari performa pemain asal Makassar itu.

"Asnawi sudah berubah. Asnawi dulu main kasar dan tak seperti tak ada teknik. Tapi sekarang dia main di posisi sayap lari ke sana kemari tanpa henti. Saya terkejut dengan performanya," ucap Jacksen dalam forum virtual dengan wartawan (20/4/2021).

Baca Juga :


Jacksen yakin setiap pemain yang berkarier di liga luar dengan level kompetisi yang lebih baik pasti mengalami perkembangan yang positif layaknya Asnawi. Ia pun yakin pemain seperti Egy Maulana Vikri mengalami hal serupa.

Tapi, Jacksen berharap tujuannya jangan hanya seputar Asia Tenggara atau negara tetangga saja, tapi harus ke Eropa atau beberapa negara elite Asia lainnya.

"Pemain Indonesia harus seperti itu (bermain di luar negeri). Tapi lebih baik lagi ke Eropa, Jepang, Korea. Egy kalau kembali ke Indonesia pasti berbeda, dia akan berkembang," ujar Jacksen lagi. halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1620034202585

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?