Dua Bintang 16 Tahun Bersinar di Piala Menpora, Bukti Kesuksesan Elite Pro Academy


  •    Rizka Perdana Putra
  •    21/04/21 - 20:30
  •    56.250

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh
Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh (Istimewa)

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago menilai perkembangan sepak bola Indonesia berada dalam jalur yang benar. Terbukti, dua pemain 16 tahun yang bersinar di Piala Menpora merupakan jebolan kompetisi Elite Pro Academy bentukan PSSI.

Dua pemain yang dimaksud Jacksen adalah Roberto Kwateh (Madura United) dan Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya). Keduanya tercatat sebagai pemain termuda pertama dan kedua di Piala Menpora 2022.

Meski usianya baru 16 tahun, Ronaldo dan Marselino sudah dipercaya tampil bersama tim senior. Sejauh ini Ronaldo sudah tampil tiga kali sebagai pemain pengganti sementara Marselino tampil dua kali dengan satu diantaranya sebagai starter.

Baca Juga :


“Kalau saya merasa Indonesia sudah di jalur yang benar dengan Elite Pro Academy. Kita bisa lihat kemarin di Piala Menpora beberapa wajah baru hasil dari situ, ada Marselino dan Ronaldo Kwateh,” kata Jacksen.

Ronaldo dan Marselino memang sama-sama pernah ditempa di kompetisi Elite Pro Academy U-16 tahun 2019. Saat itu Ronaldo membela Persib U16 sedangkan Marselino berseragam Persebaya U16.

halaman 2 dari 3
Lebih lanjut, Jacksen percaya jika kompetisi berjenjang itu terus diselenggarakan secara rutin maka Indonesia tidak akan kekurangan pemain berkualitas. Hasilnya tidak hanya dinikmati klub tapi juga Timnas Indonesia.

“Sekarang anak umur 16 tahun, 18 tahun atau 20 tahun punya lahan yang banyak untuk bisa berkembang. Mereka (pemain kelompok umur) dalam satu tahun bakal merasakan beberapa kali atmosfer kompetisi. 

“(Jadi Indonesia) sudah di jalan benar dan menghasilkan hal-hal yang baik. Tinggal kita sabar dan juga pandai dalam membina pemain supaya mereka jadi lebih hebat. 

“Nantinya bukan bakat alam lagi, tapi benar-benar pemain yang punya kemampuan baik yang berbicara.” halaman 3 dari 3








Video Trending



Berita Terkait


1620603003857

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?