Bukan Lagi Malaysia dan Thailand, Jacksen Tiago Berharap Pemain Indonesia Tampil di Eropa, Jepang atau Korea


  •    Rizka Perdana Putra
  •    21/04/21 - 21:30
  •    47.771

Jacksen F. Tiago
Jacksen F. Tiago (liga-indonesia.id)

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago menanggapi positif fenomena pemain Indonesia berkarir di luar negeri. Akan tetapi, ia juga berharap para pemain tidak hanya berkarir di Malaysia atau Thailand tapi juga Korea, Jepang atau bahkan Eropa.

Bagi Jacksen, sebenarnya sah-sah saja pemain Indonesia memilih berkarir di Liga Malaysia atau Thailand. Akan tetapi, akan lebih baik jika para pemain tersebut menimba ilmu di Liga Korea, Jepang atau Eropa.

Sebab, tidak hanya fasilitas yang baik, para pemain juga akan merasakan budaya dan gaya hidup yang jauh berbeda dengan Indonesia.

Baca Juga :


“Seharusnya lebih banyak lagi (pemain Indonesia ke luar negeri), dan dari dulu saya bicara pemain Indonesia harus pergi ke luar negeri. Supaya apa? Supaya mereka bisa merasakan pola hidup menjadi atlet,” kata Jacksen, Selasa (20/4/21).

“Beberapa bulan lalu kita sempat menyoroti Hansamu (Yama) karena makan mie atau semacamnya, tapi kalau pemain pergi ke luar negeri dia akan merasakan budaya (dan gaya hidup) berbeda, itu sangat bagus.

“Tapi menurut saya lebih baik lagi kalau pemain Indonesia pergi ke Eropa, Korea atau Jepang, jangan ke Thailand atau Malaysia karena budayanya hampir sama dengan kita disini. 

“Alangkah baiknya seperti Egy (Maulana Vikri). Kalau Egy balik ke Indonesia pasti dia sudah berbeda, dari semua aspek. Makanya menurut saya sangat positif sekali kalau seorang pemain Indonesia pergi ke luar negeri.

Baca Juga :


Sejak akhir tahun 2020 lalu beberapa pemain Indonesia mencoba peruntungan berkarir di luar negeri. Diantaranya ada Bagus Kahfi, Asnawi Mangkualam, Brylian Aldama, Miftah Anwar Sani, Todd Rivaldo Ferre, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani atau Ryuji Utomo.

Kedelapan pemain tersebut menyusul dua pemain Indonesia yang lebih dulu berkarir di luar negeri yaitu Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

halaman 2 dari 2





Video Trending



Berita Terkait


1619082001905

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?