Angkatan Tua Persipura Masih Sangat Dibutuhkan Jacksen F. Tiago


  •    Kukuh Wahyudi
  •    22/04/21 - 03:00
  •    7.146

Ricardo Salampessy, angkatan tua di Persipura.
Ricardo Salampessy, angkatan tua di Persipura. (instagram/@ricardosalampessy)

Persipura menjadi salah satu tim yang masih mengandalkan poros pemain seniornya sebagai kerangka tim. Namun, pemain senior mereka memang bukan pemain sembarangan.

Mereka adalah generasi emas Persipura, yaitu trio Boaz Solossa (35), Ricardo Salampessy (37), dan Ian Kabes (34). Ketiganya merupakan jebolan PON 2004 di Palembang yang hingga kini menjadi andalan Persipura. 

Selain tiga nama itu, mereka pun memiliki satu nama tambahan lain yang tak kalah senior, yaitu Yustinus Pae (37). Mereka sukses meraih gelar Liga Indonesia musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2013 serta Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, yang juga menemani mereka dari usia muda mengatakan sampai saat ini masih membutuhkan keempat pemain itu dalam tim. Tapi tentu perannya kini berbeda.

Artinya, tak melulu mereka mendapatkan jatah ain seperti dulu saat masih berusia muda.

"Saya tidak bisa menentukan apapun, yang menentukan menjadi pemain inti atau tidak itu pemain sendiri. Yang jelas, tim pelatih respek terhadap jasa dan peran mereka di dalam tim," tutur Jacksen dalam forum virtual dengan wartawan (20/4/2021).

Baca Juga :


"Saya tahu bahwa Boaz dan pemain-pemain lain sudah sadar. Di setiap latihan, saya selalu pisahkan mereka berempat. Saya jarang memasang mereka bersama. Tanpa mereka sadari, saya sudah memberikan peran kepada mereka untuk membimbing pemain muda kami. Itu yang kami biasakan dalam latihan."

"Soal cadangan atau tidak, saya kembalikan ke mereka. Saya tahu apa yang mereka bisa berikan kepada saya," katanya lagi.

Jacksen pun paham soal kesiapan mereka di lapangan. Jadi, pelatih asal Brasil itu akan mencari momen yang tepat jika ingin memainkan mereka dalam durasi waktu yang lama.

"Saya juga akan tahu kapan momen mereka akan bermain penuh, kapan mereka tidak bisa bermain full. Peran mereka masih sangat besar membantu saya di dalam dan luar lapangan," ujarnya.








Video Trending



Berita Terkait


1626397802087

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?