Plus Minus Persija dan Persib di Laga Puncak Piala Menpora 2021


  •    Kukuh Wahyudi
  •    22/04/21 - 13:10
  •    2.571

Mesin gol Persib, Ezra Walian, bakal berhadapan dengan benteng Persija.
Mesin gol Persib, Ezra Walian, bakal berhadapan dengan benteng Persija. (persib.co.id)

Leg 1 final Piala Menpora 2021 antara Persija vs Persib bakal tersaji di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Kedua tim melangkah ke partai puncak dengan ambisi membawa pulang trofi juara.

Baik Persija dan Persib sudah mengasah kelebihan mereka agar tetap bisa meraih hasil positif. Tapi, bukan berarti mereka tak memiliki kelemahan. 

Baca Juga :


Persija
Persija (ligaindonesiabaru.com)

Persija setidaknya memiliki kelebihan yang mencolok untuk menjadi kunci keberhasilan mengalahkan Persib di laga puncak. Adalah kekukuhan lini belakang yang dimaksud.

Hal itu terbukti dalam tiga pertandingan terakhir di mana mereka berhasil cleansheet, yaitu saat bertemu Barito Putera di babak 8 besar (1-0) dan dua leg semifinal kontra PSM (0-0).

Kelebihan itu tak lepas dari kedalaman stok pemain di lini belakang. Terdapat Otavio Dutra, Yann Motta, Marco Motta, Novri Setiawan, Rezaldi Hehanusa, Alfath Fathier, bahkan Rohit Chand pun sempat bermain sebagai bek tengah. Selain itu, saringan lini tengah juga memiliki andil besar dalam kesuksesan sektor bertahan Persija.

Terkait kekurangan mereka adalah lawan dari kebobolan alias mencetak gol. Total hanya tujuh gol yang mampu Persija cetak dalam tiga pertandingan. Sedangkan tiga partai lagi berakhir nihil gol. 

Dalam dua leg semifinal, tim berjulukan Macan Kemayoran gagal merobek gawang PSM. Tiket ke semifinal didapat setelah mereka menang lewat dama adu penalti.

Salah satu faktor mengapa hal itu bisa terjadi adalah performa Marko Simic yan belum berada di level terbaiknya. Ia baru mencetak dua gol selama Piala Menpora. halaman 2 dari 2
Persib
Persib (ligaindonesiabaru.com)

Persib melangkah ke final Piala Menpora 2021 dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka menjadi satu-satunya yang belum pernah menelan kekalahan.

Mental juara mereka memang layak diacungi jempol. Persib hanya dua kali gagal menag saat bersua Bali United di laga perdana Grup D dan di leg 2 semifinal kontra PSS.

Kelebihan itu tak lepas dari menterengnya produktivitas mereka. Total 12 gol sudah Persib cetak dan tak pernah absen merobek gawang lawan.

Bila melihat kontribusi pemain, Ezra Walian dan Frets Butuan  merupakan keunggulan lain yang dimiliki Persib. 

Namun, mereka pun punya kelemahan yang mencolok. Enam pertandingan dilewati dengan rutin kebobolan. Total tujuh gol telah masuk ke gawang I Made Wirawan. 

Fakta tersebut mengungkapkan bahwa lini belakang Persib tak begitu spesial. Bahkan di laga semifinal terlihat jelas bahwa ada momen di mana duet Victor Igbonefo dan Nick Kuipers bisa lepas konsentrasi dalam mengawal striekr lawan. Dua gol Saddam Emiruddin Gaffar di dua laga tersebut menjadi buktinya.





Video Trending



Berita Terkait


1619992802718

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?