Tetap Bertenaga Tanding Futsal di Bulan Puasa, Ini Tipsnya


  •    Rissalah Maulana
  •    22/04/21 - 16:10
  •    366

foto: istimewa
foto: istimewa

Meski sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan, bukan berarti kita harus bersantai dan menyimpan energi. Berolahraga penting selama bulan puasa.

Meski tidak dilarang, perlu momen waktu serta cara yang tepat agar tetap bisa berolahraga di bulan puasa. Bagi yang hobi bermain futsal, tentunya ada banyak hal yang harus diadaptasi untuk tetap bisa menyalurkan hobi.

Salah satunya adalah kapan waktu yang pas untuk bermain dan asupan apa saja yang harus ada dalam tubuh saat sahur dan berbuka puasa.

Baca Juga :


Hal ini penting agar bermain futsal saat bulan puasa tidak malah membuat tubuh tak berdaya yang mengakibatkan lemas dan sakit serta mengganggu ibadah puasa.

Berikut beberapa tips agar tetap bisa bermain futsal di bulan Ramadhan:

1. Perhatikan menu berbuka puasa dan sahur

Ramzan 2021 Time Table: Sehri and Iftar Timings For 3rd Roza of Ramadan on  April 16 in Mumbai, Delhi, Lucknow, Kolkata And Other Cities of India -  ZEE5 News


Ada beberapa komposisi yang harus ada di menu sahur dan berbuka puasa adaah kecukupan kalori, komposisi makanan serta cairan dan elektrolit.

Untuk menu sahur sebaiknya dengan menu lengkap yang mengandung semua makronutrien, karbohidrat, protein dan lemak, serta micronutrien, yaitu vitamin dan mineral.

Sementara untuk menu buka puasa, sebaiknya diawali dengan satu hingga dua gelas air putih, lalu dilanjutkan dengan karbohidrat sederhana, seperti jus buah atau kurma. halaman 2 dari 3
2. Waktu Bermain Futsal



Waktu yang disarankan untuk berolahraga adalah pada sore hari selama dua jam. Itu artinya kita bisa memulai bermain futsal pukul 4 atau 5 sore untuk kemudian selesai bertepatan dengan waktu berbuka.

Selain itu bisa juga berolahraga saat malam hari setelah berbuka untuk membakar kalori dalam tubuh. Namun perlu diingat untuk bermain futsal secukupnya dengan waktu yang dibatasi tidak lebih dari dua jam demi menjaga tubuh tidak kelelahan.

Baca Juga :


3. Menjaga kuantitas bermain futsal



Untuk menjaga atau tubuh tetap fit dan tidak kelelahan, atur waktu dan kuantitas dalam bermain futsal. Misalnya jika kita seminggu sudah bermain futsal dua kali, maka di hari lainnya bisa diselingi dengan olahraga lain seperti berlari atau bersepeda.

4. Pemanasan dan pendinginan



Hal ini penting selain agar tubuh bisa beradaptasi dengan intensitas olahraga, juga untuk menghindari cedera.

5. Waspada Dehidrasi



Kekurangan cairan tubuh harus dihindari. Keringat yang berlebih ketika bermain futsal saat berpuasa menandakan sudah saatnya beristirahat. Saat berbuka selalu utamakan untuk menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air. Disarankan setiap hari minum 1,5-2 liter tiap hari. halaman 3 dari 3


Pilih Sepatu Futsal Jangan Cuma MAHAL! | WAHSABI






Video Trending



Berita Terkait


1588688882489

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?