Respons Pelatih Persija Usai Dijuluki 'Pep Guardirman' oleh Warganet


  •    Rizqi Ariandi
  •    23/04/21 - 11:10
  •    1.223

Pelatih Persija Jakarta Sudirman mendapat julukan Pep Guardirman dari The Jakmania
Pelatih Persija Jakarta Sudirman mendapat julukan Pep Guardirman dari The Jakmania. (sumber foto:The Jakmania)

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mendapat julukan baru dari warganet. Ia dijuluki sebagai Pep Guardiola-nya Persija dengan sebutan 'Pep Guardirman'.

Julukan itu disematkan pada Sudirman setelah berhasil membawa tim asuhannya meraih kemenangan atas Persib Bandung pada leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). Dalam laga tersebut, strategi yang dimainkan Sudirman dinilai cukup berhasil meredam permainan Maung Bandung, terutama di babak pertama.

Mendapat sebutan sebagai 'Pep Guardirman' dari warganet, Sudirman hanya tertawa. Ia mengatakan kritikan-kritikan yang didapatnya sebelum laga kontra Persib dijadikannya sebagai 'obat' yang akan membuatnya lebih baik.

"Gimana, ya. Memang selama ini, ini tim pertama yang saya pegang di Liga 1. Tentunya kritikan-kritikan, masukan-masukan dari The Jakmania jadi 'jamu' dari saya untuk berbuat yang terbaik untuk Persija," tutur Sudirman.

Baca Juga :


"Terima kasih the jak, juga warganet lain yang mengkritik. Itu menjadi obat bagi saya untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Persija," ujarnya menambahkan.

Sebelum laga melawan Persib, Sudirman memang sering mendapat kritik dari para pendukung Persija. Meski berhasil membawa Macan Kemayoran melaju hingga final, Sudirman dinilai miskin taktik.

Kritikan itu pun langsung dijawab Sudirman dengan menurunkan formasi yang tidak biasanya di pertandingan semalam. Eks kapten Timnas Indonesia tersebut memasang duet Maman Abdurrahman dan Tony Sucipto sebagai bek tengah Persija dan mengistirahatkan Otavio Dutra serta Yann Motta yang biasanya mengisi pos tersebut.

Lalu, Sudirman juga memutuskan untuk mencadangkan Marko Simic dan menggantinya dengan pemain muda Taufik Hidayat. Ia juga memainkan Braif Fatari dari awal untuk membantu Rohit Chand dan Marc Klok di lini tengah.

Keputusan Sudirman semalam rupanya tepat. Tony dan Maman tampil lugas di lini belakang, sementara Braif dan Taufik jadi pahlawan kemenangan Persija berkat dua gol yang mereka ciptakan di awal babak pertama.

Sudirman juga berhasil memaksimalkan duet Klok-Rohit yang mampu menjaga kestabilan lini tengah Persija. Mereka sukses memutus serangan Persib sejak dari tengah dan mengalirkan bola ke lini depan.

Saat Persija sudah unggul 2-0 hingga pertengahan babak kedua dan Persib mulai menemukan ritme permainannya, Sudirman kemudian menarik Klok sedikit ke belakang untuk membantu duet Maman dan Tony. Barisan penyerang Maung Bandung pun semakin kesulitan menembus pertahanan Persija. halaman 2 dari 2








Video Trending



Berita Terkait


1623717001524

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?