Kata Menpora soal Izin Kompetisi Pasca Peristiwa di Jakarta dan Bandung


  •    Rizqi Ariandi
  •    26/04/21 - 18:30
  •    6.173

Menpora RI, Zainudin Amali saat memimpin rapat virtual
Menpora RI, Zainudin Amali saat memimpin rapat virtual. (sumber foto:Kemenpora)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali optimistis kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 bisa berjalan sesuai rencana. Sebelumnya, dikhawatirkan kepolisian akan meninjau ulang perizinan kompetisi akibat dua peristiwa di Jakarta dan Bandung pascalaga final Piala Menpora 2021 yang mempetemukan Persija dengan Persib.

Di Jakarta, para pendukung Persija melakukan konvoi ke Bundaran Hotel Indonesia untuk merayakan keberhasilan tim kesayangannya menjadi juara Piala Menpora 2021. Peristiwa itu menimbulkan kerumunan massa yang sangat dilarang di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sementara di Bandung, sejumlah pendukung Persib melakukan penyerangan terhadap Grha Persib yang merupakan kantor dari PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Penyerangan ini diduga buntut kekecewaan karena timnya kalah dari Persija di dua laga final Piala Menpora 2021.

Terkait hal tersebut, Menpora mencoba untuk bersikap bijak. Menurutnya, selaku penyelenggara, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah berhasil menggelar Piala Menpora dengan baik.

Baca Juga :


"Terkait nasib kompetisi, kita harus pisahkan apa yang terjadi selama 35 hari ini. Bagi saya, apa yang dilakukan PSSI dan panitia itu menggambarkan bahwa kita sudah menjalankan turnamen ini dengan aman," kata Amali.

"Kalau itu jadi ukuran untuk pelaksanaan kompetisi musim 2021/2022, saya kira tidak ada masalah. Jangan dicampur dengan kejadian yang sudah selesai, karena berbeda dengan turnamen."

"Ini jadi pelajaran buat PSSI sebagai penyelenggara dan tentu buat kita supaya apa yang sudah bagus di turnamen ini dipertahankan, apa yang kurang itu yang coba kita perbaiki," tuturnya menambahkan.

Baca Juga :


Sementara itu, peristiwa yang terjadi di Jakarta dan Bandung membuat wacana supaya PSSI menggelar kompetisi dengan sistem home tournament seperti yang diterapkan di Piala Menpora 2021 kembali mencuat. Terkait hal itu, Menpora mengaku masih menunggu kajian dari PSSI dan PT LIB.

"Saya tunggu kajian dari PSSI dan PT LIB. Jadi sekali lagi, kalau kita ikut ujian, untuk pelaksanaan Piala Menporanya, lulus. Tapi ada ekses yang muncul dari euforia, rasa senang berlebihan dari pendukung. Tetapi saya optimistis (kompetisi) bisa berjalan," tuturnya.

Adapun PSSI merencanakan kompetisi Liga 1 dimulai pada 3 Juli mendatang. Sementara Liga 2 akan dimulai beberapa pekan setelahnya. halaman 2 dari 2








Video Trending



Berita Terkait


1624176601892

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?